Partisipasi Pemilih Diklaim Di Atas 80 Persen

Partisipasi Pemilih Diklaim Di Atas 80 Persen

PENUH: Pemilih memenuhi TPS saat ditinjau Bupati ada hari pelaksanaan, Rabu (14/2/2024).-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Antusiasme dan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 ini diklaim tinggi. Berdasarkan perhitungan sementara secara kasar, angka partisipasi masyarakat mencapai di atas 80 persen.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga Divisi SDM, Sosialisasi, dan Partisipasi Masyarakat, Widyo Wibowo menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dari lapangan mengenai antusiasme dan tingkat partisipasi masyarakat Purbalingga. Namun meski belum memastikan lebih detil, dari laporan yang masuk, lumayan tinggi.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi serentak untuk memilih pasangan capres dan cawapres, calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. Warga yang memiliki hak pilih, mencoblos lima surat suara untuk menentukan pilihannya.

“Secara umum mereka sudah paham, dan tidak mengalami kebingungan saat melaksanakan pencoblosan di lima surat suara tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bertema Valentine, TPS di Sokaraja Bagikan Cokelat Kepada Pemilih Yang Datang

BACA JUGA:Pj Bupati Banyumas Pantau Pemilih Disabilitas di Nusadadi

Sementara itu proses penghitungan suara berlangsung di sejumlah TPS hingga Kamis (15/2/2024) dini hari. Kemudian dibuat berita acara dan berjenjang akan dilaporkan ke KPU.

Widyo mengatakan, mengacu Ketentuan di Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara dalam Pemilihan Umum, dalam Pasal 25 Ayat (2), proses penghitungan suara dapat dengan berurutan.

Mulai dari penghitungan suara untuk surat suara pilpres, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota.

Pada kesempatan monitoring di hari yang sama, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengatakan, pesta demokrasi di Kabupaten Purbalingga bisa dijadikan contoh pesta demokrasi yang berintegritas, bermartabat, dan menjadi pesta demokrasi yang memberikan keleluasaan kepada seluruh warga masyarakat, untuk menentukan pilihannya masing-masing.

“Alhamdulillah dari pemantauan yang kami lakukan, semua proses pemungutan suara berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, dan dengan tingkat partisipasi di beberapa desa yang saya lihat juga antusias dan cukup tinggi,” tutur Bupati Tiwi saat memantau pemungutan suara. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: