7 Kuliner khas Banyumas yang Terbuat dari Olahan Singkong

7 Kuliner khas Banyumas yang Terbuat dari Olahan Singkong

Daftar kuliner dari olahan singkong khas Banyumas -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang sering diolah menjadi camilan lezat di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal dengan olahan singkongnya adalah Banyumas. Berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Banyumas dikenal dengan kelezatan berbagai jenis makanan tradisionalnya yang terbuat dari singkong. Dalam artikel ini, kita telah merangkum beberapa jenis makanan khas Banyumas yang terbuat dari olahan singkong.

Makanan Khas Banyumas dari Olahan Singkong

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Banyumas yang terbuat dari olahan singkong:

1. Getuk Goreng

 

Yang pertama ada kuliner yang sudah sangat terkenal dari Banyumas yaitu Getuk Goreng. Berbeda dengan getuk pada umumnya yang biasanya berbentuk lempengan atau bulatan, getuk goreng memiliki tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam setelah digoreng. Camilan ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang membuatnya disukai oleh banyak orang. 

BACA JUGA:Kluban Rontak Rantek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Menggugah Selera

BACA JUGA:Mengenal Lebih Jauh Templek, Kuliner Tradisional Banyumas yang Unik

2. Cimplung 

 

Cimplung singkong merupakan salah satu camilan tradisional yang khas dari Banyumas, Jawa Tengah. Camilan ini terbuat dari singkong yang dipoton-gpotong kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kelapa parut, gula merah, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Yang direbus bersamaan hingga tercampur merata. Cimplung singkong ini memiliki cita rasa yang manis dan lembut.

3. Gesret 

Gesret singkong adalah salah satu camilan khas Banyumas yang terbuat dari singkong yang diolah dengan cara digesret atau diparut menjadi tipis, kemudian dicampurkan dan dikukus dengan gula merah cair dan parutan kelapa. Camilan ini memiliki cita rasa gurih dan manis yang membuatnya sangat disukai oleh banyak orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: