Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman bagi Pengendara, Tak Perlu Mahal!

Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman bagi Pengendara, Tak Perlu Mahal!

Tips Memilih Helm Motor-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Menjadi perangkat keselamatan utama saat mengendarai sepeda motor, helm menjadi perlengkapan penting bagi pengendara. Sayangnya, banyak pengendara motor yang kurang memperhatikan kualitas helm saat hendak membelinya.

Meskipun tidak harus memiliki harga yang tinggi, hal paling penting yang harus diperhatikan saat ingin membeli helm adalah memastikan bahwa helm tersebut telah memenuhi standar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Namun, hanya memiliki label SNI saja tidaklah cukup, masih ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih helm yang akan digunakan saat mengendarai sepeda motor. Berikut beberapa tips memilih helm yang perlu diperhatikan:

Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman bagi Pengendara

1. Pilih jenis helm sesuai kebutuhan Anda

Tips memilih helm yang pertama dan penting yaitu memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan. Secara keseluruhan, di pasaran terdapat berbagai jenis helm yang dapat dibedakan menjadi dua kategori utama, yaitu helm full face dan half face. Selain itu, terdapat juga beragam jenis helm lain yang memiliki fungsi khususnya masing-masing.

BACA JUGA:Menghilangkan Baret di Helm dengan Bahan Murah, Tersedia di Rumah!

BACA JUGA:Cara Mencuci Helm yang Benar, Agar Bersih dan Wangi!

Untuk para pengendara sepeda motor yang sering menggunakan kendaraan di dalam kota dengan kecepatan standar, helm half face mungkin menjadi opsi yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Namun, bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi, disarankan untuk menggunakan helm full face guna meningkatkan perlindungan dan keamanan selama perjalanan.

2. Pastikan helm memiliki ukuran yang sesuai

Selain memperhatikan jenis helm, tips memilih helm yang aman dan tidak boleh dilewatkan yaitu memperhatikan ukuran yang pas. Helm tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari S, M, L, hingga XL, untuk memenuhi kebutuhan beragam pengendara. Namun, penting untuk mengetahui cara menentukan ukuran helm yang tepat sesuai dengan kepala Anda.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), helm yang pas akan terasa sedikit ketat di sekitar kepala, namun tidak sampai membuat Anda merasa pusing. Saat Anda menggelengkan kepala, helm seharusnya tetap kokoh dan tidak bergeser dari posisinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: