Harga Beras Diprediksi Baru Turun Mei

Harga Beras Diprediksi Baru Turun Mei

Naik : Harga beras masih naik di pasaran dan prediksi turun pada Mei mendatang.-Amarullah Nurcahyo dok -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID- Sejak akhir November 2023 lalu dan lebih dari sebulan ini, harga beras terus melonjak. DPC Persatuan Penggilingan Padi (Perpadi) Kabupaten PURBALINGGA akhirnya angkat bicara. Estimasi Perpadi, harga beras mulai turun pada Mei mendatang. 

"Belum banyak panen, seperti di Purbalingga belum masuk masa panen raya. Hasil panen turun, maka gabah langka dan harga gabah naik mempengaruhi harga beras," kata Sekretaris DPC Perpadi Kabupaten Purbalingga, Rohmad Syarif, Selasa 6 Februari 2024. 

Menurunnya produksi padi dan beras di penggilingan cukup menyusahkan para pemilik penggilingan. Susah mendapatkan bahan baku gabah untuk diggiling dan harga ikut naik.

"Sebut saja, sampai saat ini harga jual beras di pasaran/warung jenis IR mencapai Rp 14.500 perkilo sampai Rp 16.000 perkilo. Masih tergolong tinggi dan bahan minim," rincinya.

BACA JUGA:Harga Beras di Purbalingga Terus Merangkak Naik, Harga Cabai Semakin Pedas

Minimnya gabah untuk digiling serta harga gabah yang semakin naik signifikan, membuat harga beras ikut naik. 

Operasi pasar yang sudah dilakukan pemerintah harus tetap diikuti dengan panen raya. Karena kondisi ini jika berlarut akan berdampak pada sektor lainnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: