10 Cara Membentuk Jiwa Penolong pada Anak, Sangat Efektif

10 Cara Membentuk Jiwa Penolong pada Anak, Sangat Efektif

Penting untuk memahami perasaan yang sedang dialami sang anak-Indah Citra-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pentingnya memiliki jiwa penolong pada anak-anak tidak bisa diabaikan. Hal tersebut sangat perlu untuk ditanamkan sejak dini untuk kehidupan masa depannya.

Membentuk sikap empati, kepedulian, dan kemauan untuk membantu sesama adalah pondasi utama untuk membentuk pribadi yang baik lagi.

Cara Membentuk Jiwa Penolong pada Anak


Bagaimana kita dapat membantu anak-anak mengembangkan jiwa penolong yang positif? Berikut adalah beberapa cara yang dapat diambil:

BACA JUGA:Mendidik Anak Menggunakan American Parenting

BACA JUGA:Mengenal Pola Asuh Orang Tua ASIA alias Tiger Parenting

1. Ajarkan Nilai-Nilai Kebajikan

Mengajarkan anak tentang nilai-nilai kebajikan seperti kejujuran, kebaikan, dan tanggung jawab adalah langkah awal untuk membentuk jiwa penolong. 

Anak yang memiliki dasar nilai yang kuat lebih mungkin akan merasa terdorong untuk membantu sesama.

2. Contohkan Perilaku Positif

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, orang tua dan guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencontohkan perilaku positif dan sikap penolong. 

Melibatkan diri dalam tindakan kebaikan seperti membantu tetangga, berbagi dengan sesama, atau mendukung komunitas lokal dapat memberikan contoh langsung pada anak.

3. Dorong Rasa Empati

Empati adalah kunci dari jiwa penolong. Dorong anak untuk melihat dunia dari sudut pandang orang lain, merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, dan memahami kebutuhan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: