Tips Merawat Uang Kuno yang Perlu Diketahui oleh Kolektor Pemula!

Tips Merawat Uang Kuno yang Perlu Diketahui oleh Kolektor Pemula!

Cara Merawat Uang Kuno-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak kolektor pemula yang belum mengetahui langkah-langkah untuk merawat uang kuno agar tidak rusak dan tetap terjaga kualitasnya selama bertahun-tahun.

Beberapa tahun belakangan ini, hobi mengumpulkan uang kuno telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Perdagangan uang lama, baik itu uang kertas maupun uang koin kuno, semakin diminati karena dianggap menguntungkan.

Untuk mempertahankan nilai historisnya, uang kuno harus diperlakukan dengan baik. Namun, bagaimana sebenarnya cara merawat uang kuno, baik itu kertas maupun koin? Setidaknya ada 5 tips yang bisa Anda terapkan. 

5 Tips Merawat Uang Kuno

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar uang kuno tidak mengalami kerusakan dan dapat bertahan lama:

BACA JUGA:5 Mata Uang Unik di Dunia, Aneh dan Sulit Dipalsukan

BACA JUGA:Sejarah dan Fakta Unik Mata Uang Rupiah

1. Simpan dalam Plastik

Salah satu langkah untuk merawat uang kertas adalah dengan menyimpannya dalam plastik. Cara ini dapat mengurangi risiko kotoran yang dapat merusak uang kertas.

Selain itu, menjaga kontak tangan dengan permukaan uang kuno menjadi hal utama dalam perawatan uang kertas. Dengan menyimpannya dalam plastik, Anda dapat melindungi uang dari minyak alami yang terdapat pada tangan serta kotoran. Anda dapat memperoleh plastik penyimpanan khusus uang kertas ini dari pedagang numismatik.

2. Hindari Laminating

Banyak kolektor pemula sering keliru dalam merawat uang kuno dengan melaminasi. Meskipun uang kertas yang dilaminating tidak mudah robek, namun, laminating dapat menurunkan nilai jual uang kertas tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, plastik laminating cenderung menjadi kotor dan kusam. Selain itu, sulit untuk mengganti laminating karena sudah menempel pada permukaan uang kuno Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan laminating untuk merawat uang kertas Anda agar tetap terjaga nilai koleksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: