Dorong Perkembangan Batik Cilacap, 10 Perajin Batik Diberi Canting Cap

Dorong Perkembangan Batik Cilacap, 10 Perajin Batik Diberi Canting Cap

Pemberian canting cap kepada perajin batik Cilacap, Jumat (26/1/2024).-Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cilacap terus mendorong perkembangan batik di Kabupaten Cilacap. Salah satunya dengan memberikan bantuan canting cap ke 10 perajin batik di Kabupaten Cilacap. 

Kabid Stabilitas Harga, Pengembangan Ekspor, dan Standarisasi DPKUKM Kabupaten Cilacap, Titi Suwarni mengatakan, perajin tersebut merupakan 10 besar pemenang Lomba Desain Motif Batik dalam Cilacap Economy Creative Week 2023.

Dikatakan, canting yang diberikan tersebut merupakan cetakan batik dari desain batik yang berhasil menjadi 10 besar pemenang lomba tersebut.

"Terkait motif batik karya anak-anak Cilacap harapannya bagaimana motif Cilacap bisa dikenal banyak orang. Dan tidak hanya berhenti disini saja namun juga lakukan upaya bagaimana masyarakat bisa menggunakan batik Cilacap. Terutama kita dorong agar OPD menggunakan batik khas Cilacap," katanya.

BACA JUGA:Jelang Laga Kontra Kalteng Putra, PSCS Cilacap Target Sapu Bersih Laga Kandang Terakhir

BACA JUGA:262 Event Gempa Bumi Terjadi Selama 2023 di Kabupaten Cilacap

Dikatakan, untuk saat ini pihaknya baru mendapatkan data 10 perajin tersebut. Nantinya jika ada perajin batik yang menginginkan canting batik, akan dilakukan updat data.

Sementara itu Penjabat Bantuan Ketua Dekranasda Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri mengatakan, dengan diberikan canting batik perajin Cilacap diharapkan dapat menjadi motor agar perajin batik Cilacap dapat semakin maju dan kreatif. 

"Kami sebagai Pemerintah Kabupaten Cilacap selalu mensosialisasikan dan mengajak kepada OPD maupun kecamatan, agar menggunakan batik hasil karya dari perajin Cilacap," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: