Dampak Negatif dan Positif Menitipkan Anak pada Kakek dan Neneknya

Dampak Negatif dan Positif Menitipkan Anak pada Kakek dan Neneknya

Beberapa dampak negatif dan juga dampak positif jika orang tua menitipkan anak kepada kakek dan neneknya.-Fahma Ardiana-

Selain itu, kondisi fisik dan emosional kakek nenek juga dapat mempengaruhi proses pengasuhan anak. Kakek dan nenek bisa stres karena beban pengasuhan.

Karena kondisi kakek dan nenek lebih terbatas dibandingkan orang tua, hal ini jelas berdampak pada kesejahteraan psikologis kakek dan nenek serta cucu yang diasuhnya.

Dampak Positif Meninggalkan Anak di Rumah Kakek dan Nenek

BACA JUGA:Hal-Hal yang Harus di Hindari Saat Mendidik Anak Balita

BACA JUGA:Tips Mendidik Anak Menjadi Pribadi Berani

Ketika anak-anak diasuh oleh kakek-nenek mereka, mereka berisiko mengalami sejumlah dampak negatif. Namun lain halnya jika terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan kakek nenek.

Artinya, ketika orang tua dan kakek dan nenek bekerja sama untuk memberikan pengasuhan yang tepat dan konsisten, sebenarnya bisa memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Terutama ketika kakek dan nenek mampu merespon kebutuhan emosional anak, hal ini dapat dicapai dengan membangun keintiman dan toleransi emosional serta peka terhadap kebutuhan dan keadaan anak.

Oleh karena itu, hendaknya orang tua dan kakek nenek menjalin komunikasi yang intensif mengenai pola pengasuhan anak. Tidak ada salahnya menitipkan anak pada kakek dan neneknya, yang penting orang tua perlu berkomunikasi secara hati-hati baik dengan anak maupun kakek neneknya. 

Meski komunikasi rutin tidak terlihat secara langsung, keintiman emosional antara orang tua dan anak bisa tetap terjaga. Komunikasi antara orang tua dan kakek nenek juga penting saat ini untuk memantau perkembangan anak, bertukar pikiran, dan menegakkan batasan pengasuhan yang jelas.

Orang tua memiliki beragam pilihan untuk berkomunikasi dengan anak mereka, termasuk panggilan telepon dan panggilan video. Tujuannya adalah untuk menanamkan pada anak keinginan untuk bercerita tentang kejadian dan kesulitan yang mereka alami sehari-hari. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: