8 Penyebab Utama Mesin Mobil Menjadi Overheat

8 Penyebab Utama Mesin Mobil Menjadi Overheat

Kumpulan penyebab mesin mobil menjadi overheat -Pinterest -

Masalah pada kipas kopling juga dapat menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheating. Kopling kipas berfungsi mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai dengan suhu mesin. Jika kopling kipas tidak berfungsi dengan baik, kipas mungkin tidak akan berputar pada kecepatan yang dibutuhkan untuk mendinginkan mesin. 

BACA JUGA:Tips dan Cara Mengumpulkan Uang Alias Menabung untuk Beli Mobil

BACA JUGA:5 Penyebab Tuas Persneling Mobil Menjadi Bergetar

Pemilik mobil sebaiknya secara berkala memeriksa kipas kopling, termasuk keausan atau kerusakan. Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian kopling kipas untuk memastikan sistem pendinginan beroperasi secara efektif dan mencegah risiko overheating.

8. Kelebihan Beban Mesin

Kelebihan beban mesin juga dapat menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheating. Membebankan mesin melebihi kapasitasnya dapat meningkatkan produksi panas yang tidak dapat diatasi oleh sistem pendinginan. Pemilik mobil sebaiknya selalu memperhatikan batasan kapasitas beban yang direkomendasikan oleh pabrikan dan menghindari menarik beban berlebihan. 

Pada perjalanan jarak panjang atau dalam kondisi berat, pastikan untuk memberi mesin istirahat singkat dan memastikan kondisi pendinginan tetap optimal. Menghindari kelebihan beban mesin merupakan langkah preventif penting untuk mencegah overheating dan menjaga kesehatan mesin mobil.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Inilah 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti

BACA JUGA:4 Hal Yang Harus Diperhatikan, Saat Servis Berkala Mobil Anda!

Melakukan pemeliharaan rutin dan memeriksa secara berkala komponen-komponen di atas, dapat membantu mencegah mesin mobil dari kondisi overheat yang merugikan. Jika mesin tetap mengalami masalah, segera konsultasikan dengan bengkel profesional untuk penanganan lebih lanjut. (dda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: