Manfaat Bermain untuk Anak Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Manfaat Bermain untuk Anak Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Anak-anak dapat memperoleh banyak manfaat pertumbuhan dan perkembangan positif dari kegembiraan bermain.-Fahma Ardiana-

Aktivitas bermain seperti bersepeda di dalam ruangan dapat membantu anak meningkatkan kemampuannya dalam mengeksplorasi hal baru. Bermain dapat merangsang rasa ingin tahu anak serta mendorong anak untuk mempelajari hal-hal baru yang belum mereka pahami.

3. Menjaga Keterampilan Sensorik dengan Baik

Kegiatan bermain anak dapat meningkatkan keterampilan sensoriknya. Anak kecil dapat menggunakan panca inderanya untuk mempelajari hal-hal baru. 

Bermain bebas di luar ruangan merangsang indera anak, dibandingkan menghabiskan waktu di depan TV atau gawai yang hanya merangsang indra saja. Anak-anak dapat melihat, mencium, menyentuh, mendengar, dan merasakan pengalaman menyenangkan yang mereka alami selama bermain.

4. Meningkatkan Kekebalan

Sinar matahari merangsang kelenjar pineal dimana bagian otak ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak tetap kuat dan menciptakan rasa sejahtera. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga meningkatkan mood anak karena anak yang memiliki pengalaman bermain di alam akan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang alam dan lingkungan sekitarnya seiring bertambahnya usia.

Ketika anak-anak sedang bermain, orang tua harus mengawasi dan membimbing mereka. Memberikan anak pengarahan yang tepat dan pengalaman bermain yang menyenangkan dapat membantu anak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: