Mudah dan Aman, Ini 6 Metode Pembayaran Cashless Paling Sering Digunakan di Indonesia

Mudah dan Aman, Ini 6 Metode Pembayaran Cashless Paling Sering Digunakan di Indonesia

Metode Pembayaran Cashless-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pembayaran cashless kini jadi kebiasaan di Indonesia, terutama dengan adanya pandemi COVID-19 yang mendorong kita untuk mengurangi kontak fisik. Pembayaran nontunai dianggap lebih aman karena dapat membantu mengurangi penyebaran virus dibandingkan metode konvensional. 

Kepraktisan dan efisiensi juga menjadi alasan utama, mengingat kita tidak perlu repot membawa uang tunai. Seiring berjalannya waktu, metode pembayaran cashless pun muncul dalam berbagai bentuk. 

Apa saja? Berikut jenis metode pembayaran cashless yang sedang populer di Indonesia.

1. Kartu Debit 

Kartu debit, sebagai metode pembayaran cashless, merupakan alat yang sering digunakan dan dikeluarkan oleh berbagai bank. Fungsinya memungkinkan pemilik rekening untuk melakukan pembayaran dengan cara praktis, yaitu dengan menempelkannya pada mesin EDC yang tersedia di berbagai lokasi. 

BACA JUGA:Menggali 4 Kelemahan Pembayaran Tunai yang Perlu Diketahui Pemilik Bisnis

BACA JUGA:Kartu Ini Bisa Digunakan Untuk Naik KRL, Simak Ulasannya Berikut Ini!

Kartu debit modern umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi chip, mempermudah proses transaksi dengan cukup menempelkan kartu ke mesin. Teknologi chip ini memberikan keamanan tambahan dan efisiensi dalam penggunaan kartu debit pada berbagai transaksi.

2. Uang Elektronik Prabayar 

Sekilas mirip dengan kartu debit, tetapi uang elektronik merupakan metode pembayaran cashless yang lebih inklusif, dapat diakses oleh siapa saja tanpa adanya syarat khusus. Kelebihan utama uang elektronik terletak pada kemanfaatannya yang signifikan dalam membayar biaya transportasi umum. 

Proses transaksi menggunakan uang elektronik ini menjadi sangat praktis, cukup dengan menempelkan kartu pada mesin yang tersedia. Selain itu, saldo pada uang elektronik secara otomatis akan berkurang sesuai dengan nilai transaksi yang dilakukan, memberikan kemudahan dan efisiensi dalam penggunaannya sehari-hari.

3. E-Wallet atau Dompet Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: