Rawan Banjir, Warga Selandaka Bersihkan Sedimen Afur

Rawan Banjir, Warga Selandaka Bersihkan Sedimen Afur

Warga di lingkungan RT 6 RW 1 Desa Selandaka membersihkan sedimen saluran pembuangan, rerumputan dan sampah dedauanan.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Warga di lingkungan RT 6 RW 1 Desa Selandaka, Kecamatan Sumpiuh gotong royong membersihkan afur atau saluran pembuangan. Sebagai langkah antisipasi banjir di musim penghujan.

Kondisi afur sudah tertutup oleh rerumputan. Selain itu, terdapat endapan lumpur atau sedimen yang mengakibatkan pendangkalan.

Sebelumnya, warga melalui proses musyawarah pada kegiatan poma pami, sepakat untuk mengadakan kerja bakti. Warga guyub mengagendakan penanganan afur.

"Ketebalan sedimen sudah sampai sekira 15 centimeter dan saluran banyak sampah dedaunan," kata warga setempat, Tahrir Masror, Minggu (14/1/2024).

BACA JUGA:Akibat Luapan Sungai Biru di Purwokerto Wetan, Rumah Terendam Banjir Setinggi 1 Meter, 62 Jiwa Terdampak

BACA JUGA:Hujan Deras, Sebabkan Banjir Luapan di Purwokerto

Lingkungan RT 6 RW 1 rawan terjadi banjir ketika musim penghujan. Biasanya terdampak luapan air dari Sungai Reja.

Oleh karena itu, warga tidak ingin aliran air di saluran pembuangan terhambat. Hal itu diakibatkan adanya sampah dedaunan potensi tersangkut di gorong-gorong. Serta pendangkalan karena sedimen.

"Pembersihan saluran pembuangan menjadi agenda rutin warga. Agar aliran air lancar dan mempercepat genangan terbuang," imbuhnya.

Warga kompak membersihkan afur dengan peralatan seadanya. Berbekal cangkul, sabit dan lainnya mulai dari pagi hingga siang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: