Cara Merawat Atap Rumah Agar Tidak Bocor Saat Musim Hujan

Cara Merawat Atap Rumah Agar Tidak Bocor Saat Musim Hujan

Cara untuk merawat atap rumah supaya tidak bocor saat musim hujan.-Fahma Ardiana-

Segera ganti plafon yang rusak atau busuk, rekatkan kembali plafon jika agak longgar, dan tutup celah terkecil. Plafon yang dalam kondisi baik tidak hanya mencegah air hujan meresap ke dalam, tetapi juga membuat rumah kamu terasa lebih nyaman, bersih, dan asri.

3. Mengecek Kondisi Talang Hujan

Talang hujan merupakan bagian penting yang tidak boleh dilupakan pada saat membangun sebuah rumah. Alat ini mengalirkan air hujan yang terkumpul di atap langsung ke tanah atau ke dalam wadah penyimpanan.

Alat ini membuat aliran air menjadi lebih terarah dan menjaga setiap sudut rumah kamu tetap kering. Talang hujan ini mudah tersumbat oleh benda asing yang terjatuh dari atas, seperti daun. Jika talang hujan sudah tersumbat, maka saluran air tersebut tidak akan berfungsi dengan baik dan bahkan bisa rusak.

BACA JUGA:9 Bahan Atap yang Ideal untuk Rumah Minimalis, Estetik Namun Terjangkau

BACA JUGA:Cara Efektif Atasi Atap Bocor Saat Musim Hujan

4. Lapisi Atap dan Dinding dengan Lapisan Kedap Cairan

Jenis pelapis ini mirip dengan cat tembok sehingga mudah diaplikasikan. Pelapis membran, sebaliknya, berbentuk lembaran dan memerlukan teknik dan perekat khusus untuk diaplikasikan.

5. Memangkas Pohon di Dekat Rumah

Pohon di dekat rumah bisa berbahaya apalagi di musim hujan, karena ada resiko terjatuh karena tertiup angin dan bisa saja langsung menimpa rumah kamu. Oleh karena itu, segera pangkaslah pohon-pohon di dekat rumahmu. 

Tidak perlu memangkas pohon sepenuhnya. Potong saja cabang-cabang tua yang rawan patah. Cara ini juga mengurangi bobot pohon dan melindungi akar agar tidak tertiup angin kencang.

Itulah dia beberapa cara agar atap rumah tidak bocor saat musim hujan yang bisa kamu lakukan. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: