Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Push Up dan Bisa Sebabkan Cedera

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Push Up dan Bisa Sebabkan Cedera

Beberapa kesalahan yang banyak dilakukan saat push up yang bisa timbulkan cedera.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gerakan push up sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun, masih ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat push up dan bisa sebabkan cedera.

Kesalahan yang sering dilakukan saat push up tidak hanya meningkatkan risiko cedera, tetapi juga membuat push up yang kamu lakukan manfaatnya menjadi kurang maksimal.

Kesalahan Umum Push-Up

Push-up adalah latihan fisik yang dapat disesuaikan atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan fisik kamu. Gerakan ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menopang beban tubuh pada telapak tangan, lengan, dan jari kaki.

Kemudian kamu akan dapat melakukan variasi gerakan yang berbeda-beda tergantung pada kemampuan tubuh kamu. Saat melakukan latihan push up, hindari kesalahan umum push up seperti dibawah ini guna untuk menghindari cedera dan agar push up kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal.

BACA JUGA:Cara Jogging yang Benar agar Manfaatnya Lebih Terasa

BACA JUGA:Kesalahan yang Banyak Dilakukan Ketika Berenang

1. Pinggul terlalu rendah

Saat melakukan push up, penting untuk menjaga pinggul sejajar dengan bahu dan tidak terlalu rendah. Pasalnya, posisi pinggul yang terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada punggung bagian bawah hingga berujung pada cedera.

Hal buruk yang dapat terjadi adalah kamu akan merasakan nyeri pada punggung bagian bawah atau pinggang karena beban yang ditanggung oleh bagian tubuh kamu tersebut terlalu berat.

2. Terlalu banyak repetisi

Untuk latihan ini, khususnya bagi pemula, sangat penting untuk membatasi repetisi dan kecepatan push up. Jangan melakukan pengulangan terlalu cepat, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan ketegangan pada persendian dan otot lainnya.

Luangkan waktu untuk mengistirahatkan lengan dan otot lainnya sesering mungkin agar tidak cepat lelah atau tegang.

3. Sudut siku salah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: