Arti "Kejar Paket" Dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia

Arti

Definisi dari "Kejar Paket" dalam dunia pendidikan Indonesia.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pendidikan di Indonesia, selain pendidikan yang umum seperti SD, SMP, dan SMA, terdapat juga pendidikan yang setara yaitu kejar paket. Bedanya, jika bersekolah di pendidikan umum ada aturan yaitu harus mengenakan seragam. 

Sedangkan untuk kejar paket tidak harus mengenakan seragam. Untuk mengetahui lebih detail terkait apa itu kejar paket, baca terus artikel di bawah ini.

Mengenal "Kejar Paket" Dalam Kebijakan Pendidikan di Indonesia

Mengutip dari buku Sukses Kerja dengan Ijazah SMA/SMK (karya Bernard T. Wahyu Wiryanta, tahun 2010), kejar paket merupakan pendidikan formal yang diadakan oleh pemerintahan. Seperti diketahui, di sekolah umum terdapat adanya batasan usia, sedangkan pada sekolah kejar paket tidak memiliki batasan usia. 

BACA JUGA:Perbedaan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan Jurusan Sastra Inggris

BACA JUGA:Cara Untuk Belajar Bahasa Korea Secara Otodidak

Artinya, untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi, seluruh penduduk Indonesia bisa belajar layaknya para siswa. Selain itu, orang-orang yang mengikuti kejar paket juga berhak mendapatkan ijazah yang mempunyai kekuatan yang sama dengan ijazah sekolah.

Biasanya, ujian kejar paket akan diadakan dua kali dalam kurun waktu satu tahun. Sama seperti sekolah umum, kejar paket terdiri dari tiga macam, yakni paket A (setara dengan SD), paket B (setara dengan SMP), dan paket C (setara dengan SMA).

Selain adanya perbedaan batasan usia dan aturan seragam, waktu tatap muka pembelajaran kejar paket juga berbeda dengan sekolah umum. Sekolah umum melaksanakan pendidikan belajar mengajar dari hari Senin hingga Jumat atau Sabtu, sedangkan waktu belajar mengajar untuk kejar paket hanya dilaksanakan sebanyak satu sampai tiga kali seminggu. 

BACA JUGA:Bisa Jadi Tempat Curhat Bagi Siswa, Inilah Deretan Peran dan Fungsi Guru BK di Sekolah

BACA JUGA:Manfaat Serta Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Sehingga, kejar paket akan memudahkan para pekerja ataupun ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan ijazah karena mereka dapat mengikuti kejar paket tanpa khawatir mengganggu aktifitas.

Cara Untuk Mendaftarkan Diri Mengikuti Kejar Paket

Bagi penduduk Indonesia yang ingin mengikuti kejar paket cukup dengan mendatangi penyelenggara PKBM alias Pusat Kegiatan Belajar Maysarakat resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional dengan membawa beberapa dokumen yang disyaratkan, yaitu :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: