Inilah Teknik-Teknik Dasar Lompat Jauh yang Harus Kalian Ketahui

Inilah Teknik-Teknik Dasar Lompat Jauh yang Harus Kalian Ketahui

Teknik-teknik dasar lompat jauh.-Fahma Ardiana-

2. Lepas Landas (take off)

Hasil lompat jauh Anda ditentukan oleh lari Anda, tetapi lepas landas adalah kunci kesuksesan yang paling penting. Pada teknik dasar lompat jauh, gerakan meletakkan kaki pada papan tumpuan memerlukan latihan yang berulang-ulang. 

Apabila mengenai foul line, lompatan dinyatakan tidak sah. Saat lepas landas, atlet harus melakukan dorongan vertikal. 

Pastikan pinggul Anda sedikit di depan bahu Anda. Fokuskan energi Anda pada kaki Anda, karena itu adalah bagian tubuh Anda yang mendorong papan. 

Pada teknik dasar lompat jauh, fungsi kaki adalah untuk mendorong tubuh atlet ke udara. Kaki Anda harus berada di depan tubuh Anda dan rata untuk gaya angkat maksimal.

BACA JUGA:Cara Jogging yang Benar agar Manfaatnya Lebih Terasa

BACA JUGA:Tips Bermain Sepatu Roda yang Wajib Dilakukan Pemula

Dengan seluruh tubuh dalam posisi vertikal, ayunkan lutut depan dan lengan berlawanan ke atas untuk menambah gaya pada lantai. Jangan melihat ke bawah, ke papan atau ke pasir, teruslah melihat ke depan. 

Jangan melompat terlalu tinggi dan berkonsentrasilah untuk menciptakan jarak yang Anda butuhkan.

3. Melayang (flight)

Setelah lepas landas, atlet harus merentangkan tangannya dan mendorong badannya ke depan. Pada tahap teknik dasar lompat jauh ini, atlet dapat menggunakan berbagai gaya, yang paling populer adalah gaya berjongkok (tuck), gaya berjalan di udara, dan gaya menggantung.

4. Mendarat (landing)

Saat mendarat, atlet harus memastikan bagian tubuhnya tak tertinggal. Jarak lompatan dihitung berdasarkan kontak antara papan tolakan dan badan atlet terakhir dengan pasir. Lompat jauh dasar mengharuskan Anda mendarat dengan tumit agar tidak terjebak di pasir dan terjatuh ke belakang.

Itulah dia teknik-teknik dasar lompat jauh yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat ! (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: