Inilah Teknik-Teknik Dasar Lompat Jauh yang Harus Kalian Ketahui

Inilah Teknik-Teknik Dasar Lompat Jauh yang Harus Kalian Ketahui

Teknik-teknik dasar lompat jauh.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lompat jauh dianggap sebagai olahraga yang sulit di lintasan maupun lapangan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mempelajari Lompat jauh

Lompat jauh terdiri dari kombinasi lari, lompat, dan mendarat. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dipahami untuk lompat jauh. 

Menurut Nebraska Coaches Association, teknik dasar lompat jauh memiliki dari empat tahapan, yaitu berlari (the approach), melakukan tumpuan (take off), melompat (flight), dan mendarat (landing). Dibawah ini adalah detail penjelasan tentang empat tahapan teknik dasar tersebut !

BACA JUGA:Berbagai Macam Seni Bela Diri Indonesia yang Harus Kamu Tau

BACA JUGA:Inilah Beberapa Teknik Dasar Olahraga Memanah

1. Awalan dan Berlari (the approach)

Tujuan dari pendekatan lari adalah agar atlet dapat mencapai kecepatan yang baik. Ini merupakan teknik dasar yang sangat penting dalam olahraga lompat jauh.

Atlet perlu mengembangkan kecepatan dan ritme lari yang baik. Rute lari yang lebih pendek direkomendasikan untuk pemula. 

Atlet biasanya mengukur kemampuan berlari dan melompat menggunakan gerakan maju dan mundur. Atlet biasanya menandai startnya sebelum berlari.

Atlet kemudian mulai berlari dan harus mencapai kecepatan maksimum sebelum mencapai papan lepas landas. Itu sebabnya pelompat jauh juga harus bisa lari jarak pendek. 

Meski demikian, atlet tetap perlu mengontrol kecepatan larinya. Untuk menjadi pelari yang baik, atlet hendaknya berlatih lari dengan jarak 40 meter. 

Selain itu, atlet juga dapat menyelesaikan latihan lari interval untuk menunjang keberhasilan teknik dasar lompat jauh.

BACA JUGA:Ketahuilah Beberapa Teknik Dasar Bermain Bowling untuk Pemula

BACA JUGA:Berbagai Tips Bermain Tenis Lapangan yang Benar Untuk Pemula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: