Ini Dia 10 Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Ini Dia 10 Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Manfaat jus timun-freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat jus timun yang populer tidak hanya terbatas pada kemampuannya untuk menghidrasi tubuh, yang berasal dari kandungan air tinggi di dalam timun, tetapi juga melibatkan keberadaan antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit.

Manfaat jus timun ini diperoleh dari kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah timun (Cucumis sativus). Jus ini mengandung air, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, mangan, serta vitamin C dan vitamin K.

Selain menyegarkan, jus timun juga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi dahaga dan menjaga kesehatan tubuh.

Berbagai Manfaat Jus Timun untuk Kesehatan

Buah timun sering digunakan sebagai lalapan untuk melengkapi hidangan seperti pecel lele atau ayam goreng. Selain bisa dikonsumsi langsung, timun juga bisa diolah menjadi jus. Minum jus timun secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

BACA JUGA:Resep es timun yang Mudah Dibuat untuk Buka Puasa

BACA JUGA:Tak Kalah Enak dengan Rasanya, Ini 5 Manfaat Jus Semangka bagi Tubuh

1. Memenuhi kebutuhan cairan

Buah timun atau mentimun memiliki kandungan air sebanyak 96%. Dengan kelimpahan air tersebut, manfaat jus timun dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, mencegah dehidrasi. Jus timun juga mengandung elektrolit yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Meningkatkan fungsi pencernaan

Selain kandungan air yang tinggi, buah timun mengandung pektin, yaitu serat larut dalam air. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam melancarkan pencernaan dan meredakan masalah sembelit dengan melunakkan tinja.

3. Melawan dampak radikal bebas

Buah timun kaya akan antioksidan, yang efektif dalam menangkal dampak negatif radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi jus timun secara teratur, sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: