Over Kapasitas, Kampung Nopia Banyumas Tak Representatif

Over Kapasitas, Kampung Nopia Banyumas Tak Representatif

Pengunjung wisata Kampung Nopia berdesak-desakan di area gentong untuk demo menempel dan menunggu matang. -FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kondisi Kampung Nopia Desa Pekunden Kecamatan BANYUMAS sudah tidak representatif lagi untuk pengunjung wisata. Terutama kunjungan rombongan.

"Pengunjung membeludag, tempat kami sudah tidak cukup, sesek-sesekan (sempit.red)," kata Ketua Wisata Kampung Nopia Agus Silo, Rabu (2/1/2024).

Padahal Kampung Nopia menjadi salah satu tujuan wisata edukasi dari lembaga pendidikan. Khususnya, berbagai jenjang sekolah di wilayah Kabupaten Banyumas.

BACA JUGA:Main Di Tebing Sungai, Seorang Bocah di Jatilawang Tewas Tertimbun Longsor

Oleh karena itu, Pengelola Wisata Kampung Nopia di 2024 ini sedang berupaya untuk menabung. Sehingga, secara swadaya nantinya dapat membangun fasilitas nyaman bagi pengunjung.

"Resolusi di 2024, sedikit demi sedikit menabung. Pengunjung over capacity, perlu tempat lebih luas," imbuh Agus.

Rombongan pengunjung wisata Kampung Nopia kerap berdesak-desakan saat sesi demo pembuatan nopia. Terlebih di area gentong atau oven tradisional untuk praktek menempel adonan jadi.

BACA JUGA:Masa Kampanye di Banyumas, Beragam Pelanggaran Ditemukan Bawaslu

Pengunjung juga masih tetap berada di area gentong menunggu sampai nopia matang di oven. Mengingat durasi waktu yang dibutuhkan untuk demo tidak sebentar. Maka mendesak bagi Kampung Nopia memilik tempat representatif.

Pengunjung Kampung Nopia terjadi lonjakan hingga 8700 orang sepanjang 2023. Sedangkan pada 2022 lalu, kunjungan mentok di angka 5169 orang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: