Wisata Durian Bawor Banyumas, Durian Terbaik di Indonesia

Wisata Durian Bawor Banyumas, Durian Terbaik di Indonesia

Wisata Durian Bawor Banyumas, Durian Terbaik di Indonesia-Solopos.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Desa Alasmalang, yang terletak di Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah menjadi sebagai salah satu pusat durian terbaik di Indonesia. Keunikan dari kawasan ini terletak pada durian lokal yang disebut dengan sebutan Bawor.

Keberadaan durian Bawor telah mengangkat status Desa Alasmalang sebagai pusat durian di Banyumas, Jawa Tengah. Informasi yang terhimpun dari berbagai sumber menyebutkan hampir setiap pekarangan rumah penduduk di desa ini menjadi tempat tumbuh subur bagi pohon durian yang menjulang tinggi.

Durian Bawor dari Banyumas bukan hanya sekadar buah, tetapi juga sebuah pengalaman kuliner yang mendalam bagi para pengunjung. Wisata durian di Desa Alasmalang menawarkan kelezatan buah yang terkenal.

Durian Bawor memiliki daging yang berwarna kuning kemerahan tak hanya menawarkan cita rasa manis yang memikat, tetapi juga kelembutan dan sedikit rasa pahit yang mampu meninggalkan kesan yang memikat di lidah.

Karakteristik Pohon Durian Bawor Banyumas

Durian ini terkenal dengan julukan Bawor memiliki nama yang mencerminkan makna selayaknya pewayangan bawor. Nama tersebut menjadi simbol yang menggambarkan kelezatan dan keistimewaan durian.

BACA JUGA:Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

BACA JUGA:5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Ternyata Ada Durian!

Pohon durian Bawor memiliki pertumbuhan yang cepat dan unik, yang ditandai dengan akar ganda atau bahkan tiga akar. Kondisi ini memungkinkan pohon muda durian untuk menyerap nutrisi secara maksimal, sehingga tumbuh dengan cepat dan segera berbuah.

Tak hanya pertumbuhan yang pesat, ukuran buah durian Bawor asli dari Banyumas ini juga tak kalah mengagumkan dibandingkan dengan durian monthong. Setiap buah durian rata-rata memiliki bobot antara 3 hingga 5 kilogram. Bahkan, beberapa buah bisa mencapai 7 hingga 8 kilogram per buah.

Khas Buah Durian Bawor Banyumas

Durian Bawor, yang juga dikenal sebagai durian Mothong Oranye, menampilkan ciri khasnya melalui daging buah yang besar, menyerupai durian Mothong, tetapi dengan warna yang lebih oranye. Keberadaan pigmen oranye pada buah durian ini memberikan petunjuk terkait tingkat alkohol yang lebih tinggi dalam buah tersebut.

Semakin intensitas warna oranye pada buah durian, semakin tinggi kadar alkoholnya. Hal ini menandakan rasa yang lebih pahit namun tetap mempertahankan kelezatan manis dan legit, serta tekstur yang semakin creamy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: