Cara Menghitung Keuntungan Penjualan, Pebisnis Pemula Wajib Tahu

Cara Menghitung Keuntungan Penjualan, Pebisnis Pemula Wajib Tahu

Cara untuk menghitung keuntungan dari penjualan yang harus kamu tau jika ingin membuka bisnis.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penjualan adalah ide sampingan untuk meningkatkan penghasilan Anda. Namun, jika Anda masih pemula, mungkin Anda belum mengetahui cara menghitung keuntungan penjualan yang benar.

Oleh karena itu, untuk menghitung laba penjualan, Anda harus terlebih dahulu menentukan harga pokok produksi, harga pokok penjualan (COGS), dan penjualan bersih. Anda kemudian dapat melihat total keuntungan penjualan untuk periode tertentu di laporan laba rugi Anda.

Perhitungan keuntungan penjualan atau profit tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pebisnis. Yang penting dengan menghitung keuntungan penjualan Anda bisa mengetahui apakah bisnis Anda berjalan dengan sukses dan lancar.

Tapi tahukah Anda cara menghitung keuntungan penjualan yang benar sebelumnya? Karena keuntungan penjualan tidak bisa dihitung sembarangan. Pelajari cara menghitung keuntungan penjualan dengan langkah-langkah berikut untuk membuat bisnis Anda lebih stabil.

BACA JUGA:Deretan Kampus di Indonesia yang Miliki Jurusan Ekonomi Terbaik Tahun 2023

BACA JUGA:Berbagai Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa

1. Pahami semua biaya produksi

Apakah Anda menjual produk buatan sendiri? Jika iya, berarti Anda perlu menghitung seluruh biaya yang ada dalam proses produksinya. Sekarang, biaya-biaya ini disebut biaya produksi. Pada dasarnya, ada dua jenis biaya produksi yang dibutuhkan perusahaan:

Biaya tetap yaitu biaya variabel yaitu H. Biaya yang nilai nominalnya bergantung pada output, seperti biaya bahan baku dan biaya transportasi.

Mengetahui hal ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungan antara biaya produksi dan perhitungan keuntungan penjualan. Tidak diragukan lagi, biaya produksi ini tentu saja berkaitan erat dengan keuntungan dan keuntungan perusahaan.

Biaya produksi yang lebih tinggi mengurangi keuntungan. Oleh karena itu, kelolalah biaya produksi in-house Anda dengan sebaik-baiknya.

2. Menghitung harga pokok penjualan (HPP)

Cara menghitung laba penjualan selanjutnya adalah dengan menghitung harga pokok penjualan (HPP). COGS digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk dan erat kaitannya dengan keuntungan atau keuntungan. 

Umumnya, biaya produksi dihitung sebagai berikut: Harga Pokok Penjualan (COGS) = Total Biaya Variabel + Saldo Persediaan Awal - Saldo Persediaan Akhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: