Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Jangan Anggap Sepele, Ini 6 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga-Freepik-

3. Mencegah Stres pada Tubuh

Manfaat pendinginan setelah berolahraga yang berikutnya adalah pencegahan stres pada tubuh. Gerakan dinamis yang terjadi selama berolahraga dapat membuat otot-otot dalam tubuh menjadi tegang. 

BACA JUGA:Inilah Tips Olahraga yang Bisa Mengatasi Rasa Mager

BACA JUGA:Inilah Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tanpa melakukan pendinginan untuk merilekskan otot-otot setelah berolahraga, risiko cedera atau rasa nyeri yang signifikan dapat meningkat. Melalui gerakan pendinginan, tubuh dapat meregangkan otot-otot dan mengatur napas, membantu otot yang tegang karena latihan kembali menjadi rileks. Keadaan otot yang lebih santai ini dapat menciptakan ketenangan pikiran, membantu mencegah terjadinya stres.

4. Mengurangi Beban pada Sendi Tubuh

Pasca-olahraga, seringkali mengalami kesulitan dalam menggerakkan sebagian tubuh, terutama sendi. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melibatkan manfaat pendinginan setelah berolahraga. Pendekatan ini bertujuan untuk meredakan ketegangan pada tubuh, termasuk sendi, secara perlahan.

Dengan melakukan pendinginan, tekanan pada sendi dapat dikurangi secara signifikan. Ini memberikan kemampuan untuk mengembalikan kebebasan gerakan tubuh, termasuk sendi yang terdahulu mungkin terasa kaku.

5. Menurunkan Risiko Kram Otot

Manfaat pendinginan setelah olahraga juga dapat menurunkan risiko terjadinya kram otot. Bagi mereka yang mengabaikan pendinginan setelah berolahraga, risiko kram otot dapat meningkat. Kram otot umumnya disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan selama berolahraga.

BACA JUGA:Tak Hanya tentang Kecepatan, Inilah 5 Kesalahan Pelari Pemula yang Berpotensi Menyebabkan Cedera Serius

BACA JUGA:Kesalahan-Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Bermain Bola Voli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: