Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari-Freepik-

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Mengatasi Anak Tantrum, Orang Tua Perlu Tahu

BACA JUGA:6 Bahaya Gadget untuk Balita yang Orang Tua Harus Tahu

Orang tua dengan gaya pengasuhan ini yakin bahwa pandangan dan petunjuk yang mereka berikan selalu benar. Oleh karena itu, mereka mengendalikan segala aspek kehidupan anak, bahkan ketika anak telah dewasa.

3. Melakukan kekerasan fisik atau verbal terhadap anak

Tidak ada alasan atau hak bagi orang tua untuk melakukan kekerasan terhadap anak. Namun, ini seringkali terjadi pada toxic parents. Baik dalam bentuk kekerasan fisik seperti pukulan, tamparan, cubitan, maupun dalam bentuk kekerasan verbal seperti kata-kata kasar dan hinaan, semuanya dapat menjadi bagian dari pengalaman sehari-hari bagi anak yang memiliki toxic parents.

4. Bersaing dengan anak

Seharusnya peran orang tua adalah memberikan dukungan dan dorongan kepada anak. Namun, toxic parents tidak melakukannya. Mereka cenderung mencemooh anak, membuatnya merasa rendah diri, dan merasa tidak senang melihat kebahagiaan anak.

Tidak semua ciri toxic parents tersebut dimiliki oleh orang tua, namun satu perilaku pun sudah cukup untuk menunjukkan bahwa seseorang adalah toxic parents. Penting diingat bahwa setiap perilaku, sekecil apapun, bisa meninggalkan luka yang dalam dan sulit diobati pada jiwa anak, bahkan ketika mereka sudah dewasa. (amp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: