Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari

Yuk, Kenali Ciri-Ciri Toxic Parents yang Harus Dihindari-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ciri-ciri toxic parents dapat dikenali melalui berbagai perilaku, contohnya sering menuntut dan selalu ingin didengar oleh anak. Dampaknya, anak merasa terkekang dan hal tersebut dapat memengaruhi kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain di masa depan.

Pola hubungan yang tidak sehat atau relationship yang toxic tidak hanya terbatas pada lingkungan teman, tetapi juga dapat muncul antara orang tua dan anak. Dalam bidang psikologi, orang tua yang terlibat dalam hubungan yang tidak sehat dengan anaknya sering disebut sebagai toxic parents.

Ciri-ciri toxic parents dalam hal pola asuh sering kali mencakup kecenderungan untuk selalu mengutamakan keinginan sendiri, mengatur perilaku anak sesuai dengan keinginan mereka, kurang memperhatikan dan menghargai perasaan atau pendapat anak, serta tidak mengakui hak anak sebagai individu yang memiliki hak atas hidupnya sendiri.

Seharusnya, orang tua menjadi sumber kenyamanan dan keamanan bagi anak-anak mereka. Namun, bagi anak-anak yang memiliki toxic parents, orang tua malah menjadi penyebab masalah yang dapat menciptakan rasa takut dan trauma.

BACA JUGA:Pentingnya Pendidikan Seksual bagi Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Salah satu ciri toxic parents yaitu cenderung menggunakan argumen "kami tahu apa yang terbaik untukmu." Selain itu, mereka juga jarang atau bahkan enggan mengungkapkan rasa terima kasih atau menghargai usaha yang dilakukan oleh anak.

Orang tua yang bersikap toxic mungkin tidak menyadari bahwa perilaku mereka salah. Apakah Anda termasuk ke dalam kategori toxic parents? Mari kita kenali ciri-ciri toxic parents berikut ini:

1. Kesulitan mengendalikan emosi dan rentan marah

Ciri toxic parents yang pertama yaitu seringkali sulit mengontrol emosi mereka dan sering melampiaskan kemarahan kepada anak. Orang tua dengan karakteristik ini cenderung mengungkit setiap masalah, meskipun sebenarnya hal tersebut bersifat sepele. Mereka juga tidak segan untuk memarahi atau bahkan mencela anak, bahkan di depan umum.

2. Keinginan untuk selalu menguasai anak

Selain sulit mengendalikan emosi, ciri toxic parents yang kedua yaitu mereka cenderung ingin selalu menguasai anak. Toxic parents tidak memberikan anak ruang pribadi untuk membuat keputusan sendiri, karena mereka percaya bahwa semua yang berasal dari anak adalah kesalahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: