Bantuan Langsung Tunai El-Nino Mulai Cair di Banyumas

Bantuan Langsung Tunai El-Nino Mulai Cair di Banyumas

Pencairan BLT El-Nino pekan ini di Purwokerto Barat melengkapi bansos-bansos lain yang sudah terlebih dahulu turun pada bulan ini.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) El-Nino dampak kekeringan untuk wilayah Kabupaten Banyumas mulai dicairkan pekan ini. Di Kecamatan PURWOKERTO Barat, pencairan BLT El-Nino dijadwalkan pada Rabu (20/12/2023).

Data yang dihimpun Radarmas, jumlah total penerima BLT El-Nino di Kabupaten Banyumas yang disalurkan melalui Kantor Pos sebanyak 10.564 orang. Penerima terbanyak ada di Kecamatan Wangon dengan 712 penerima, dan terkecil di Kecamatan Purwokerto Barat sebanyak 143 penerima.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Purwokerto Barat, Tutik Sumiyati mengatakan, penerima BLT El-Nino di wilayah Purwokerto Barat ada sebanyak 143 orang. Untuk pencairan bantuan dijadwalkan di Kantor Pos pada Rabu (20/12/2023).

"Mungkin hari ini masih ada yang menyusul mengambil. Semua di kantor pos," katanya pada Radarmas, Kamis (21/12/2023).

BACA JUGA:Nominal Minim, Insentif Ustad dan Ustadzah dari APBD Banyumas Disalurkan Langsung ke Lembaga

BACA JUGA:Libur Nataru, Pemudik di Terminal Bulupitu Masih Landai

Di Kecamatan Karanglewas, pembagian BLT El-Nino baru dibagikan besok, Jumat (22/12/2023). Sekretaris Kecamatan Karanglewas, Drs. Suyanto, MSi menjelaskan penerima BLT El-Nino yang disalurkan oleh Kantor Pos di Karanglewas sebanyak 400 orang.

Pencairan dibagi menjadi empat titik yaitu di Balai Desa Jipang 145 orang, Balai Desa Karanggude Kulon 124 orang, Balai Desa Pangebatan 91 orang dan Balai Desa Pasir Wetan 40 orang.

"Pencairan dimulai dari Balai Desa Jipang pukul 09.00 WIB dan terakhir di Balai Desa Pasir Wetan pukul 15.00 WIB," terangnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (PSPFM) Dinsospermades Banyumas, Galih Prihambodo, S.STP menjelaskan, pencairan BLT El-Nino hari ini, Kamis (21/12) menjadi hari yang kedua. Untuk jadwal pencairan, dari masing-masing kecamatan yang mengetahui persis.

Yang pasti total penerima BLT El-Nino sebesar Rp 200 ribu per bulan untuk bulan November dan Desember di Kabupaten Banyumas jumlahnya sama dengan jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Total kurang lebih sekitar 230 ribu penerima," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: