8 Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera: Bukan Cuma Rendang

8 Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera: Bukan Cuma Rendang

--

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Perjalanan ke luar kota kini tak lagi identik dengan pekerjaan atau liburan. Tak sedikit orang bepergian demi mewujudkan hobi wisata kuliner ke berbagai daerah. Apalagi saat ini tiket Air Asia yang harganya terjangkau bisa diperoleh secara mudah melalui Traveloka. Pilihan rute penerbangannya sangat beragam sehingga membuat Anda leluasa merealisasikan rencana wisata kuliner ke banyak tempat. Salah satu destinasi menarik yang tak boleh dilewatkan kalau Anda hobi wisata kuliner adalah Padang.

Daerah populer di Pulau Sumatera tersebut memang terkenal dengan hidangan istimewa berupa rendang. Namun, nyatanya Padang bukan hanya punya rendang sebagai makanan kebanggaan. Sederet makanan khas berikut ini juga patut dicicipi ketika Anda mengunjungi ibu kota Sumatera Barat tersebut:

Lontong Sayur


Jangan lewatkan kesempatan menikmati seporsi lontong sayur yang sedap selama singgah di Padang. Ciri khas lontong sayur ini terletak pada kuahnya yang kental dan dipadukan dengan pelengkap berupa mie goreng. Kuah lontong sayur Padang biasanya menggunakan nangka atau sayur pakis sebagai bahan isian. Penyajiannya dilengkapi kerupuk sagu merah dan sambal sehingga cita rasanya makin sempurna.

Sala Lauak
Kalau dilihat sekilas, camilan berbentuk bundar ini sangat mirip dengan perkedel. Namun, bahan dasarnya sangat berbeda dengan perkedel. Sala terbuat dari ikan teri atau udang yang digiling halus lalu dicampur dengan tepung beras dan aneka bumbu halus. Tekstur permukaannya sangat renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut dan didominasi rasa gurih. Biasanya sala lauak disantap sebagai camilan atau pelengkap hidangan lontong sayur Padang.


Bika Bakar


bika bakar--

Kue ini berasal dari daerah pesisir Sumatera Barat, yaitu Pariaman. Bahan-bahannya terdiri dari campuran tepung beras, kelapa, gula pasir, dan santan yang diletakkan di atas daun waru lalu dibakar hingga matang. Kombinasi rasa manis dan gurih pada hidangan ini tentu membuat siapa pun tergoda mencicipinya. Bika bakar Padang paling lezat disantap selagi hangat untuk menemani secangkir teh atau kopi panas.

Galamai
Membahas seputar makanan khas Padang tentu belum lengkap tanpa menyebut galamai. Meskipun namanya masih asing bagi sebagian besar orang, nyatanya galamai justru sangat populer di Padang. Bahan dasarnya terdiri dari campuran tepung ketan, santan, dan gula aren sehingga mirip dengan dodol Betawi. Perbedaannya terletak pada penggunaan kacang tanah sebagai bahan taburan. Tekstur legit galamai berpadu dengan kacang tanah renyah untuk menghasilkan cita rasa camilan manis yang sempurna.

Itiak Lado Mudo
Para pencinta hidangan berbahan dasar bebek tentu tak boleh mengabaikan menu makanan ala Padang yang satu ini. Itiak lado mudo adalah olahan bebek yang disajikan dengan sambal lado mudo ekstra pedas. Bebek yang digunakan telah melewati serangkaian proses memasak yang panjang agar teksturnya empuk dan bebas bau amis. Hasilnya, potongan-potongan bebek berukuran besar dengan siraman sambal cabai hijau tentu membuat siapa pun jadi ketagihan.

Bubur Kampiun
Padang bukan cuma menyuguhkan berbagai hidangan pelengkap nasi dengan rasa istimewa. Aneka hidangan manisnya pun memiliki cita rasa yang tak terlupakan, salah satunya yaitu bubur kampiun. Sajian makanan ini terdiri dari beraneka ragam bahan, seperti bubur sumsum, kolak pisang atau ubi, biji salak, kacang hijau, ketan putih yang dikukus, serta bubur ketan hitam.

Campuran bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih agar perpaduan rasanya makin sempurna. Dahulu, bubur kampiun sering disantap sebagai takjil saat buka puasa di bulan Ramadan tetapi kini banyak yang menikmatinya sebagai hidangan penutup.

Lamang Tapai


Lemang atau lamang adalah penganan yang terbuat dari bahan dasar beras ketan, santan, dan sedikit garam yang dilapisi daun pisang. Campuran bahan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam bilah bambu lalu dibakar selama berjam-jam hingga matang sempurna. Masyarakat Padang gemar menyantap lamang dengan tambahan tape ketan hitam. Cita rasa lemang yang gurih bertemu dengan tape ketan hitam yang asam manis sehingga terasa segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: