Tips Bermain Catur Jitu untuk Para Pemula

Tips Bermain Catur Jitu untuk Para Pemula

Beberapa tips jitu yang bisa dilakukan saat bermain catur khususnya untuk pemula.-Fahma Ardiana-

Kamu bisa mengatur bagian tengah papan dengan menggunakan dua teknik. Teknik pertama yaitu Middle Support. 

Dimana teknik ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan menteri dan kuda di bagian tepi papan untuk mendukung pergerakan bidak lain di bagian tengah. Kedua bidak tersebut dapat bergerak dan melindungi kamu dari serangan.

Teknik kedua yang dapat gunakan yaitu Use the Flank. Teknik yang satu ini sangat modern untuk mengontrol bagian tengah papan dengan cara menempatkan benteng, ratu, dan kuda berada di sisi-sisi papan sehingga menyulitkan bidak catur lawan untuk bergerak ke tengah.

BACA JUGA:Ini Maksud PT KAI Daop 5 Purwokerto Gelar Pertandingan Catur di Dalam Kereta, Sampai Master Catur Ikut Serta

BACA JUGA:Banyumas Cup Pertahankan Prestasi Pecatur Muda

4. Ciptakan ruang gerak

Setelah membuat gerakan pembuka, kamu bisa mulai untuk mengembangkan posisi menyerang. Berikan ruang gerak yang cukup untuk tiap bidak catur sehingga bidak catur tersebut dapat berpindah dengan leluasa dari kotak mereka. 

Kecuali terpaksa, metode terbaik adalah memindahkan bidak catur secara bergantian. Jangan pindahkan bidak catur yang sama dua kali, kecuali kamu harus mempertahankan buah catur tersebut atau menyerang.

5. Pelajari teknik Rokade

Rokade adalah sebuah istilah untuk pergerakan raja ke sisi dalam barisan dan menggeser posisi benteng persis di sebelah raja. Langkah ini sangat efektif ketika raja kamu terancam akan kena skak. 

Langkah yang dilakukan guna untuk melindungi raja ini sering digunakan di tengah permainan. Langkah ini memerlukan dua bidak catur yaitu raja dan benteng.

Itu dia beberapa tips bermain catur untuk pemula. Tentunya harus rajin berlatih dan mempelajari berbagai strategi-strategi permainan catur yang ada untuk bisa semakin mahir dalam bermain catur. Selamat bermain! (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: