Rawan Bencana, Masyarakat Desa Jetis, Cilacap Dilatih Tanggap Darurat Bencana

Rawan Bencana, Masyarakat Desa Jetis, Cilacap Dilatih Tanggap Darurat Bencana

Kegiatan pelatihan tanggap darurat bencana di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu.-Mijan untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Potensi bencana di wilayah CILACAP Timur tinggi. Seperti banjir, angin puting beliung, gempa bumi dan tsunami. Untuk itu, BPBD Kabupaten CILACAP melakukan pelatihan tanggap darurat untuk menghadapi bencana alam di desa.

Pelatihan tanggap darurat tersebut dilakukan di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Masyarakat diminta untuk waspada akan bencana alam. Dimana di desa ini memiliki potensi bencana tersebut. 

Kepala TU UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan, pelatihan tanggap bencana alam seperti banjir dan gempa bumi, untuk meminimalisir dampak akibat bencana tersebut.

"Kita telah menyiapkan keperluan penanganan bencana yang nantinya dibutuhkan, seperti karung, bronjong, menyiagakan perahu untuk keperluan evakuasi dan lain sebagainya," kata dia, Rabu (20/12/2023).

BACA JUGA:Cilacap Supermarket Bencana, BPBD Cilacap Susun Delapan Inovasi Mitigasi Bencana

BACA JUGA:Dua Nelayan Jatuh di Pantai Glempang Pasir Adipala, Satu Orang Meninggal, Satu Dalam Pencarian

Dikatakan, Mijan, pelatihan tanggap darurat dan pelatihan penghapalan jalur untuk evakuasi. 

"Dalam evakuasi yang perlu diperhatikan adalah tas siaga bencana. Masyarakat perlu menyiapkan tas siaga bencana, yang isinya surat surat penting persediaan makanan, peluit dan obat obatan dan barang berharga lainnya," ujar Mijan. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: