Awak Bus di Terminal Tipe A Bobotsari Jalani Tes Urine

Awak Bus di Terminal Tipe A Bobotsari Jalani Tes Urine

Awak bus di Terminal Tipe A Bobotsari tengah menjalani pemeriksaan urine.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Para awak bus di Terminal Tipe A Bobotsari, Kabupaten PURBALINGGA dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim Polres PURBALINGGA, Selasa, 19 Desember 2023 sore.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan awak bus meliputi pemeriksaan pengukuran tekanan darah serta pemeriksaan urine napza.

Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto melalui Kanit Kamsel Satlantas Iptu Agung Nurgroho mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesehatan para awak bus.

"Selain itu, untul mendeteksi apakah para awak bus yang melakukan tes urine bebas dari narkotika dan obat-obatan. Guna mengantisipasi kondisi awak bus, apakah sedang dalam pengaruh narkoba atau tidak," katanya.

BACA JUGA:82 ASN Tes Urine Mendadak

BACA JUGA:BNNK Purbalingga Tes Urine Petugas dan Penghuni Rutan

Dia menambahkan, dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan diharapkan keselamatan penumpang bus bisa terjamin. "Sehingga, terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, tak ditemukan awak bus yang positif mengkonsumsi narkotika atau obat-obatan. "Semuanya juga sehat," lanjutnya.

Total ada delapan awak bus yang mengikuti pemeriksaan kesehatan. 

Selain memeriksa kesehatan para awak bus, tim gabungan yang terdiri dari Satlantas, Dinhub, Kementerian Perhubungan dan Satresnarkoba, juga melakukan pemeriksaan bus atau ramp chek kendaraan yang ada di Terminal Bobotsari.

BACA JUGA:Sopir Mengantuk, Mobil Tarbrak Dua Sepeda Motor dan Warung di Bojongsari

Sejumlah petugas gabungan memeriksa fungsi setiap detail komponen, seperti lampu, rem, ban, wiper, hingga kelengkapan berkendara lainnya. Hasilnya, secara umum semua kendaraan dinyatakan laik jalan

Namun, tim hanya menemukan satu bus yang surat kelengkapan kendaraanya yang mati. "Sehingga, dengan terpaksa kami lakukan penilangan," ujarnya.

Tak hanya itu, sejumlah bus juga ditemukan tidak dilengkapi kotak P3K dan palu pemecah kaca. Terkait hal itu, tim meminta awak bus melengkapi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: