7 Manfaat Olahraga Rafting untuk Kesehatan Fisik dan Mental

 7 Manfaat Olahraga Rafting untuk Kesehatan Fisik dan Mental

7 Manfaat Olahraga Rafting untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Jarang Diketahui-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Arung jeram, atau yang dikenal sebagai rafting, merupakan kegiatan pengarungan melalui bagian alur sungai yang memiliki jeram. Sesuai dengan definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "arung" mengacu pada perjalanan atau penyeberangan, sedangkan "jeram" merujuk pada aliran air yang deras dan turun (misalnya, air terjun di sungai). 

Dalam pelaksanaannya, olahraga air ini memanfaatkan perahu karet untuk melintasi arus sungai.

Dengan tantangan yang ditawarkan, olahraga ekstrem ini memikat banyak penggemar. Meskipun terkadang dianggap hanya untuk kesenangan semata, ternyata juga ada banyak sekali manfaat olahraga rafting bagi kesehatan fisik dan mental.

7 Manfaat Olahraga Rafting

Terlepas dari keseruan serta tantangannya, terdapat banyak sekali manfaat olahraga rafting untuk kesehatan. 

1. Menguatkan Otot

Salah satu manfaat olahraga rafting bagi kesehatan fisik adalah dapat menguatkan otot. Rafting merupakan kegiatan olahraga yang menantang secara fisik, mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan mendayung cepat pada bagian atas tubuh. 

BACA JUGA:Ini 5 Olahraga Ekstrem di Dunia yang Sangat Berisiko, Berani Coba?

BACA JUGA:Jenis Olahraga Kardio Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Tindakan mendayung ini dapat efektif dalam memperkuat otot-otot lengan, punggung, dan bahu. Ketika menghadapi sungai dengan arus yang lebih deras dan menantang, hal ini juga akan memberikan dorongan untuk meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Fisik

Manfaat olahraga rafting yang selanjutnya adalah peningkatan daya tahan fisik. Aktivitas ini membutuhkan strategi untuk mengarungi arus sungai, bertahan dalam kondisi alam yang tidak terduga, dan melewati rintangan bebatuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: