Begini Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Begini Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Begini Cara Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil-@VOI-

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Gejala kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang wajar dan normal, Namun tetap saja gejala ini akan sangat mengganggu aktivitas keseharian ibu hamil.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan timbulnya gejala kaki bengkak yang dialami ibu hamil, Diantaranya yang pertama yaitu karena perubahan hormon selama masa kehamilan, pembesaran rahim, kenaikan berat badan.

Kemudian kebiasaan duduk atau berdiri yang terlalu lama, mengonsumsi garam yang secara berlebihan, mongonsumsi kafein berlebihan, serta kaki bengkak juga bisa juga jadi gejala preeklamsia.

Terdapat beberapa cara yang dapat ibu hamil lakukan untuk membantu meredakan apabila terjadi pembengkakan pada kaki saat hamil seperti penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Tak Hanya Lezat, Ternyata Ini 4 Manfaat Kuaci bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:Makanan Sehat Untuk Mendukung Program Hamil

1. Pijat

Bengkak pada kaki akan dapat berkurang dengan bantuan pijatan dan relaksasi, Hal ini akan membantu peredaran cairan yang cenderung menumpuk di kaki. Selain meredakan bengkak pada kaki, Pijat juga akan efektif membantu mengurangi stres. Kemudian ibu hamil juga dapat mengompres kaki dengan air hangat atau minyak esensial peppermint agar lebih rileks.

2. Perbanyak minum air 

Perbanyak minum air agar tubuh lebih terhidrasi dengan baik, Meminum banyak air mineral akan bantu mengurangi pembengkakan karena mengirim sinyal ke tubuh untuk membuang cairan tersebut setelah mendapat banyaknya asupan. Serta memudahkan delam merangsang kerja ginjal dalam menyaring zat beracun pada tubuh sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Tidur miring ke kiri

Tidur dengan posisi miring ke kiri, Posisi ini ternyata dapat melancarkan proses dalam meningkatkan aliran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Karena cara ini dapat menghilangkan tekanan rahim ke pembulih darah yang mengembalikan darah dari kaki ke jantung.

Lebih tepatny cara ini dapat menlonggarkan tekanan pembuluh darah vena cava onferior atau pembuluh  darah yang besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh kamu ke jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: