Tak Hanya Lezat, Ternyata Ini 4 Manfaat Kuaci bagi Ibu Hamil

Tak Hanya Lezat, Ternyata Ini 4 Manfaat Kuaci bagi Ibu Hamil

Manfaat Kuaci untuk Kesehatan Ibu Hamil-Freepik-

Asam folat merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk mendukung perkembangan janin. Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung lahir, seperti spina bifida.

BACA JUGA:4 Manfaat Ikan Tuna untuk Janin yang Perlu Ibu Hamil Tahu!

BACA JUGA:Rekomendasi Susu Untuk Ibu Hamil Kaya Nutrisi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi setidaknya 600 mcg asam folat setiap harinya. Untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat ini, ibu hamil dapat menyertakan kuaci dalam menu makanan atau camilan sehat.

4. Mengatur Kenaikan Berat Badan

Peningkatan berat badan selama kehamilan sebenarnya baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Namun, jika berlebihan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional atau obesitas pada ibu  hamil.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar kenaikan berat badan dapat terkontrol dengan baik. Kuaci dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu mengatur lonjakan berat badan saat hamil karena kandungan seratnya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan ibu hamil untuk makan berlebihan atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, melihat informasi di atas, maka bisa dibilang makan kuaci saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Malahan, kuaci bisa memberikan sejumlah manfaat kuaci bagi kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA:8 Asupan Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas, Lengkap!

BACA JUGA:Tips Mewujudkan Kehamilan yang Sehat

Meskipun demikian, disarankan bagi ibu hamil untuk membatasi asupan kuaci. Hal ini dikarenakan pada beberapa individu yang mengonsumsi kuaci dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan kesulitan buang air besar, karena terjadi akumulasi dan pengerasan tinja di bagian bawah saluran pencernaan.

Bukan hanya itu, kuaci yang tersedia secara bebas biasanya mengandung garam dan tambahan perasa. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini tentu dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi.

Jika ibu hamil masih merasa ragu atau bingung mengenai manfaat kuaci atau bingung dalam memilih jenis makanan yang tepat selama kehamilan, disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter guna mendapatkan panduan yang lebih baik. (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: