Jangan Panik Duluan! Ini 5 Cara Mudah Membuka Sandi HP yang Lupa

Jangan Panik Duluan! Ini 5 Cara Mudah Membuka Sandi HP yang Lupa

Cara Membuka Sandi HP yang Terlupa-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengatur kata sandi pada perangkat seluler merupakan metode alternatif untuk menjaga privasi dan keamanan data. Umumnya, seseorang akan membuat kata sandi yang unik, melibatkan kombinasi angka yang sulit ditebak.

Sayangnya, terkadang keunikannya yang tinggi membuat seseorang bahkan lupa dengan kata sandi tersebut. Jika hal ini terjadi, berbagai langkah untuk membuka sandi HP yang terlupa akan diupayakan.

Situasi lupa password pada perangkat seluler sebenarnya cukup umum terjadi. Meskipun demikian, akses ke perangkat HP seharusnya dapat diakses setiap hari. Jika kamu mengalami hal ini, tidak perlu khawatir karena ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membuka sandi hp yang terlupa. 

1. Google Find My Device

Memanfaatkan Google Find My Device merupakan salah satu metode untuk membuka kunci HP yang terlupa. Meskipun fungsi ini umumnya dikenal untuk membantu melacak perangkat yang hilang, nyatanya Google Find My Device juga dapat digunakan untuk membuka kunci perangkat seluler.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Hp, Yang Ada di Beberapa Merk

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini Solusi Apabila Lupa Password Gmail

Prosesnya mirip dengan saat Anda kehilangan HP, namun dengan risiko besar karena opsi ini melibatkan penghapusan informasi di perangkat HP Anda. Langkah ini akan mengembalikan sistem dan data pada HP ke keadaan awal. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuka kunci HP yang terlupa menggunakan Google Find My Device:

  • Akses Google Find My Device melalui browser PC atau laptop.
  • Dalam tampilan tersebut, Anda akan melihat identifikasi perangkat HP Anda, seperti nama, lokasi terakhir, dan tingkat baterai.
  • Pilih opsi "Erase Device."
  • Ikuti setiap petunjuk dan langkah yang muncul pada layar hingga Anda diarahkan ke laman login Google.
  • Masuk dengan akun Google yang telah terdaftar di HP
  • Secara otomatis, HP Anda akan diatur ulang ke kondisi awal. Selanjutnya, Anda dapat membuat dan mengatur kata sandi baru yang lebih mudah diingat.

2. Google Smart Lock

Menggunakan Google Smart Lock adalah saran yang lebih menekankan pada pencegahan lupa password daripada menghadapi langkah membuka sandi HP yang terlupa. Lebih tepatnya, Anda dapat memanfaatkan fitur yang disebut Google Smart Lock. Penting untuk dicatat bahwa produk Google ini hanya dapat digunakan pada perangkat HP dengan sistem Android 5.0 atau yang lebih baru.

Ketika tiba-tiba Anda lupa password, Anda dapat segera mengaktifkan koneksi HP dengan WiFi di rumah, smartwatch, atau browser Google Chrome. Dengan cara ini, Google Smart Lock akan secara otomatis membuka kunci HP Anda.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Lupa Password Instagram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: