Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 5 Manfaat Bunga Teratai

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 5 Manfaat Bunga Teratai

Manfaat Bunga Teratai-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat bunga teratai bagi kesehatan telah lama diakui dalam bidang pengobatan tradisional. Kaya akan antioksidan dan sifat anti-radang, bunga teratai diakui mampu mengatasi masalah diare hingga mendukung kesehatan jantung.

Bunga teratai, atau dikenal juga dengan nama Latin Nelumbo nucifera, telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari pengobatan tradisional dan kuliner di sejumlah negara Asia. 

Selain akarnya yang sering dimanfaatkan karena kaya akan vitamin, mineral, karbohidrat, dan serat, bagian lain seperti batang, biji, daun, dan bunga juga dapat diolah menjadi obat melalui proses pengeringan, ekstraksi, pembuatan teh, atau pengolahan menjadi bubuk atau kapsul.

Informasi Nutrisi Bunga Teratai

Dalam setiap 100 gram akar bunga teratai, terdapat 74 kalori dan berbagai nutrisi, termasuk:

  • Serat sebanyak 4,9 gram
  • Protein sebanyak 2,6 gram
  • Karbohidrat sebanyak 17,2 gram
  • Kalsium sebanyak 45 miligram
  • Magnesium sebanyak 23 miligram
  • Fosfor sebanyak 100 miligram
  • Kalium sebanyak 556 miligram

BACA JUGA:Penuh Warna dan Manfaat, Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Bunga Tabebuya

BACA JUGA:Cara Menanam Biji Pohon Tabebuya, Bunga Jepang Penghias Jalan Masa Kini!

Akar bunga teratai juga mengandung vitamin C, vitamin B6, zat besi, dan memiliki sifat antioksidan, antitumor, antidiabetes, dan anti-radang. Kadar gula dan lemak dalam bunga teratai rendah, menjadikannya pilihan yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehari-hari.

Manfaat Kesehatan Bunga Teratai yang Beragam

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, bunga teratai digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa manfaat kesehatan bunga teratai meliputi:

1. Pengobatan Diare

Biji di bagian tengah bunga teratai telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Biji teratai mengandung aktivitas antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba penyebab diare seperti Salmonella sp., E. coli, dan S. aureus. 

Untuk merasakan manfaat bunga teratai ini, rendamlah biji bunga teratai dalam air hangat selama beberapa jam, kemudian air rendamannya diminum selagi hangat dengan tambahan gula sesuai selera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: