Dampak Positif dari Letusan Gunug Berapi, Bisa Menciptakan Pulau Baru

Dampak Positif dari Letusan Gunug Berapi, Bisa Menciptakan Pulau Baru

Dampak Positif dari Letusan Gunug Berapi, Bahkan Menciptakan Pulau Baru-Okeline.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.IDGunung berapi merupakan sebuah bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Karena memang ada banyak Gunung berapi aktif di Indonesia.

Ketika gunung berapi meletus akan mebgeluarkan abu vulkanik dan gas yang disertai dengan lava. Aliran dan bebatuan panas yang keluar dari perut bumi saat gunung berapi meletus.

Gunung berapi yang meletus tidak hanya berdampak negatif pada lingkungan. Ada juga banyak dampak positif diperoleh dari letusan gunung berapi.

Memang letusan gunung berapi akan merusak habitat dan lingkungan sekitar gunung berapi. Tetapi ada juga dampak positif dari letusan gunung berapi.

BACA JUGA:Inilah Daftar Lengkap Nama Pendaki Gunung Marapi yang Masih Dicari Oleh Pihak Tim SAR, Didominasi Mahasiswa

BACA JUGA:Tim Gabungan Basarnas Sumatera Barat Masih Lanjutkan Evakuasi Pendaki Gunung Marapi

Lalu apa saja dampak positif dari letusan gunung berapi. Berikut adalah dampak positif yang perlu kalian ketahui saat letusan gunung berapi.

1. Menciptakan Pulau Baru

Beberapa pulau kecil yang di dunia terbentuk dari letusan gunung berapi yang ada di bawah laut. Salah satunya adalah pulau Tonga yang terbentuk karena letusan gunung berapi Home Reef.

Gunung Home Reef terakhir kalinya meletus pada bulan September 2022. Semua amoas yang terjadi karena letusan gunung berapi ini akan membentuk sebuah pulau seluas 24 ribu meter persegi.

2. Meningkatkan Kesuburan Tanah

Abu vulkanik yang keluar dari letusan gunung berapi akan membantu tanah disekitar menjadi lebih subur. Abu vulkanik sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah.\

BACA JUGA:Gunung Marapi di Sumatera Barat Meletus Sembilan Kali dalam Sepekan Terakhir

BACA JUGA:Memahami Penyebab Gunung Meletus dan Pentingnya Status Gunung Berapi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: