Kampung Perikanan Cerdas Mangunegara Dikunjungi Kementerian

Kampung Perikanan Cerdas Mangunegara Dikunjungi Kementerian

Kunjungan : Lilly dari KKP didampingi Asisten 1 Sekda Yani Sutrisno serta PPL sedang melihat produk pelet ikan di Mangunegara.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Smart Fisheries Village (SFV) Desa Mangunegara Kecamatan Mrebet, Selasa 5 Desember 2023, dikunjungi pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Temu lapang di Kampung Perikanan Cerdas ini mengecek beberapa kluster program di SFV.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan KKP, DR Lilly Aprilia Pregiwati SPi MSi, saat di lokasi mengatakan, adanya program ini diharapkan bisa menjadi percontohan desa-desa lainnya di Kabupaten Purbalingga. Tentunya dengan menjalankan semua sektor pada program SFV ini.

Paket program kegiatannya antara lain pendampingan kluster pembenihan/UPR, pasar ikan, budidaya intensif, pakan, ikan hias, pengolahan, embesaran. Kemudian ada pelatihan- pelatihan, pendampingan pokdakan dan percontohan penyuluhan.

"Hasil kunjungan saya di beberapa unit usaha sudah berjalan cukup bagus. Tinggal penataan lokasi, seperti di pengolahan dan pembuatan pakan ikan," katanya.

BACA JUGA:Desa Mangunegara Bakal Dijadikan Desa Perikanan Cerdas oleh BPSDM KP

Adanya SFV juga untuk memberdayakan secara total perikanan air tawar. Bahkan kedepan bisa menopang perekonomian masyarakat.

Asisten 1 Sekda Purbalingga, Yani Sutrisno Udhi Nugroho mewakili Bupati Tiwi mengapresiasi KKP dan masyarakat perikanan Purbalingga. Karena bisa memanfaatkan potensi suatu desa agar bisa bernilai ekonomi tinggi.

"Semua wilayah tentunya memiliki potensi desa. Nah itu yang harus diberdayakan. Termasuk melalui program bantuan pusat berupa SFV ini," tuturnya.

Salah satu penyuluh perikanan Purbalingga, Sulistyo S Andika mengatakan, dalam beberapa kegiatan seperti produksi Magot, pelet pakan ikan sudah berjalan baik. "Untuk magot sebagai pakan ikan sudah terjual. Untuk pelet ikan bahkan lebih murah dari harga di pasar umumnya," jelasnya.

Pihaknya juga budidaya ikan hias, ikan konsumsi dan pembibitan ikan air tawar. (amr/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: