Dijamin Ampuh! Berikut 5 Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku

Dijamin Ampuh! Berikut 5 Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku

Dijamin Ampuh! Berikut 5 Tips Anti Ngantuk saat Membaca Buku-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pernahkah kalian mengalami kantuk tiba-tiba datang saat sedang membaca buku? Rasa mengantuk ini sebenarnya adalah hal yang lumrah terjadi, mengingat tubuh bisa merasa lelah dan butuh istirahat kapan pun dan di mana pun, termasuk saat sedang membaca buku. Tidak hanya terbatas pada aktivitas fisik yang berat, bahkan aktivitas membaca pun dapat memicu rasa kantuk. 

Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa kantuk saat membaca. Salah satu penyebabnya bisa berasal dari posisi membaca yang tidak tepat. Tidak hanya itu, terkadang kejenuhan juga dapat muncul akibat bahan bacaan yang terlalu berat, tema yang monoton, buku dengan volume yang terlalu besar dan menggunakan bahasa yang terlalu rumit, semua itu dapat membuat seseorang merasa bosan dan mengantuk.

Bagi para pembaca aktif yang sering mengalami situasi ini, mari kita simak 5 tips anti ngantuk saat membaca buku yang diambil dari berbagai sumber. 

1. Mengumpulkan Niat dan Tujuan

Tips anti ngantuk paling awal yang perlu diambil saat hendak membaca buku adalah mengumpulkan niat dan menetapkan tujuan kita dalam melakukan kegiatan tersebut. Jika niat kita hanya sebatas iseng dan tanpa tujuan yang jelas, maka aktivitas membaca tersebut kemungkinan besar akan berakhir sia-sia. Oleh karena itu, sangat penting untuk merinci niat sebelum memulai membaca buku.

BACA JUGA: Tips Keren untuk Kamu yang Lagi Asyik Belajar Melukis

BACA JUGA:Serunya Study Date, Tips Belajar Untuk Gen Z!

Selain itu, pastikan juga untuk menetapkan tujuan khusus. Ini mencakup pemilihan tema dan genre yang sesuai dengan minat. 

Namun, perlu diingat untuk memilih bahan bacaan yang ditulis dengan tata bahasa yang mudah dipahami dan tetap menarik. Hal ini penting agar pembaca dapat terus terlibat dalam alur cerita tanpa menyadari bahwa mereka sudah sampai di halaman terakhir.

2. Beri Waktu untuk Beristirahat

Seperti halnya kegiatan lain, membaca buku juga memerlukan jeda istirahat. Otak, yang bekerja keras dalam memproses bahasa selama kegiatan membaca, juga dapat mengalami kelelahan. Oleh karena itu, tips anti ngantuk yang kedua yaitu meluangkan waktu sejenak ketika mata mulai merasa mengantuk.

Sambil beristirahat, Anda dapat memanfaatkannya dengan berbincang-bincang bersama teman untuk mendiskusikan buku yang sedang dibaca. Selain itu, mendengarkan musik atau menikmati pemandangan di luar rumah juga bisa menjadi pilihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: