Cara Membuat Cromboloni Cokelat Viral di TikTok, Simpel dan Enak!

Cara Membuat Cromboloni Cokelat Viral di TikTok, Simpel dan Enak!

Cara Membuat Cromboloni-Instagram @monsieurspoon-

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, gula kastor, garam, ragi, madu, susu cair, dan air dingin dalam mangkuk mixer. Aduk menggunakan pengaduk roti selama 3 menit. Tambahkan mentega dingin, aduk kembali hingga rata dan elastis.
  2. Bulatkan adonan, letakkan dalam wadah atau mangkuk, dan tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 20-30 menit pada suhu ruang. Gilas adonan menjadi bentuk persegi panjang 20x30 cm, lalu bungkus dengan plastik wrap. Simpan dalam kulkas selama 2 jam.
  3. Letakkan mentega tawar di atas selembar kertas roti, gilas hingga pipih dan bentuk menjadi persegi ukuran 20x18 cm. Simpan di dalam kulkas.
  4. Keluarkan mentega 5-10 menit sebelum digunakan, gilas dengan rolling pin agar lembut. Keluarkan adonan croissant dan gilas hingga berukuran 20x40 cm.
  5. Tempatkan mentega di tengah adonan, lipat bagian kiri dan kanan adonan. Gilas dengan rolling pin hingga pipih membentuk persegi panjang 20x60 cm.
  6. Lipat kedua sisi adonan sejajar ke tengah. Lipat adonan menjadi dua bagian ke tengah, rapatkan. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas selama 2 jam. Gilas kembali hingga berbentuk persegi panjang 60 cm.
  7. Lipat 1/3 bagian kiri dan kanan tumpuk di tengah, menjadi tiga bagian. Tutup dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas selama 2 jam.
  8. Keluarkan adonan 5 menit sebelum digilas. Gilas adonan hingga setebal 4 mm, menjadi persegi panjang 60x40 cm. Rapikan pinggirnya.
  9. Gulung adonan dari sisi lebar, rapatkan. Simpan dalam kulkas selama 20 menit dan potong setebal 4 cm.
  10. Letakkan dalam cetakan bundar berdiameter 10 cm di atas loyang berlapiskan kertas roti. Diamkan selama 2 jam hingga mengembang. Tutup dengan kertas roti dan letakkan loyang datar di atasnya. Panggang dalam oven pada suhu 180°C selama 15-20 menit.
  11. Lepaskan cetakan dan balik, panggang kembali selama 20 menit hingga matang.

Untuk Chocolate Cream:

  1. Kocok kuning telur, 30 gram gula, dan maizena hingga rata.
  2. Rebus susu dan sisanya gula sambil diaduk hingga hampir mendidih. Angkat dan tuangkan sebagian susu panas ke dalam campuran telur, aduk cepat. Tuangkan kembali ke dalam panci susu, masak hingga mengental. Angkat, masukkan dark cooking chocolate cincang, aduk rata. Tambahkan mentega, aduk hingga meleleh dan merata. Dinginkan dalam kulkas.
  3. Semprotkan chocolate cream ke dalam cromboloni dan hias dengan topping. Diamkan hingga cokelat mengeras, lalu sajikan.

Bagaimana? Cara membuat Cromboloni Cokelat sangat mudah bukan? Jangan ragu untuk berkreasi dengan varian rasa dan isian favorit Anda untuk membuat pengalaman mencicipi Cromboloni Cokelat semakin spesial. Selamat mencoba dan nikmati hasilnya! (amp/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: