Pengurus OSIS dan Pramuka SMK YPT 1 Ikuti LDKS

Pengurus OSIS dan Pramuka SMK YPT 1 Ikuti LDKS

Pengurus OSIS dan Pramuka SMK YPT 1 Purbalingga mengikuiti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun Pelajaran 2023/2024, Kamis-Jumat (24/11).--

PURBALINGGA-Sebanyak 92 pengurus OSIS dan Pramuka SMK YPT 1 Purbalingga mengikuiti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)  Tahun Pelajaran 2023/2024, Kamis-Jumat (24/11). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan karakter siswa yang lebih mandiri serta memiliki jiwa kepemimpinan.  Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memberikan bekal dan meningkatkan kemampuan berorganisasi para siswa SMK YPT 1 Purbalingga.

Kepala SMK YPT 1 Purbalingga, Drs Saryono melalui Waka Kesiswaan SMK YPT 1 Purbalingga, Yuli Indratni SPd mengatakan, LDKS ini merupakan jalur pembinaan kesiswaan dan pengembangan diri sebagai upaya regenerasi dan kaderisasi penerus yang lebih bertanggungjawab terhadap diri dan almamaternya. Hal ini juga diharapakan menjadi sebuah kesadaran bahwa estafet kepemimpinan adalah sebuah keniscayaan.

“Untuk menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan kami, maka digunakan sebuah mekanisme kegiatan pelatihan kepemimpinan. Dengan momentum ini diharapkan akan lahir pengurus OSIS dan Pramuka yang berpotensi dan membawa OSIS dan Pramuka SMK YPT 1 Purbalingga ke arah yang lebih baik, kreatif, inofatif dan penuh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi angggotanya,” tuturnya.

Yuli Indratni menambahkan, LDKS tersebut merupakan langkah awal untuk melahirkan seorang pemimpin yang berdedikasi tinggi, mengerti dan cepat tanggap tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul tidaklah mudah. “Mereka tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan dan kecakapan, tetapi juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, rasa tanggungjawab yang besar , dapat menjadi panutan dan mengayomi masyarakat yang dipimpinnya.

Kegiatan LDKS itu diupayakan sampai pada enam dimensi kunci pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan mandiri.

Ketua Panitia M Zidan Mufaqih, siswa kelas XII TKJ yang juga mantan Ketua OSIS 2022/2023 menambahkan, LDKS itu dikemas dengan acara yang menyenangkan serta dapat membentuk jiwa kepemimpinan dan karakter siswa yang lebih baik. Materi kegiatan yang disampaikan diantaranya adalah materi kepemimpinan yang melibatkan TNI dari Koramil karangreja, materi administrasi  oleh Waka Kesiswaan, materi Organisasi dan Kepemimpinan oleh Kepala Sekolah serta Outbound dari Tim Golaga.(bdg/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: