Brambang Asem Solo, Kuliner Tradisional yang Membuat Lidah Bergoyang

Brambang Asem Solo, Kuliner Tradisional yang Membuat Lidah Bergoyang

Brambang Asem Solo, Kuliner Tradisional yang Membuat Lidah Bergoyang-Instagram @dee.ayu-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kota Solo adalah brambang asem. brambang asem merupakan kuliner tradisional khas Solo yang terdiri dari daun ubi rambat atau jlegor yang direbus, lalu dicampur dengan sambal yang memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas. 

Sambal yang menjadi ciri khas brambang asem tersebut dibuat dari bawang merah, gula jawa, air asam jawa, cabai rawit, terasi, dan juga garam. Umumnya, brambang asem disajikan secara sederhana, dalam pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Sebagai pendamping, brambang asem sering dinikmati dengan gembus bacem atau kerupuk karak. Gembus adalah varian tempe yang terbuat dari ampas tahu, sedangkan kerupuk karak terbuat dari beras tumbuk, memberikan sensasi renyah dan gurih. 

Pada masa lampau, brambang asem dan pendampingnya umumnya dinikmati pada siang hari bersama segelas teh tubruk yang disajikan panas. Namun, saat ini, penjual brambang asem semakin sulit ditemukan, terutama di perkotaan, karena tanaman ubi rambat semakin langka di sekitar Kota Solo.

BACA JUGA:Menelusuri Kelezatan Nasi Liwet Solo, Kuliner Tradisional Favorit Kelas Atas

BACA JUGA:Lorin Solo Hotel, Hotel Bintang Lima di Solo dengan Nuanasa Tradisional Jawa

Walaupun kehadiran penjual brambang asem menjadi langka, kuliner tradisional ini masih dapat ditemukan di kompleks Pasar Gede, salah satunya terletak di sekitar penjual lenjongan. Penjual brambang asem dapat dikenali melalui tata letaknya yang menampilkan daun ubi rambat atau jlegor yang direbus, disertai dengan mangkok sambal, dan gembus bacem. 

Meskipun terkadang wisatawan merasa ragu mencoba brambang asem karena bentuk dan namanya yang belum familiar, sebenarnya, cita rasa brambang asem yang lezat membuatnya menjadi hidangan yang sangat patut dicoba.

Belum pernah mencoba sambal ini sebelumnya? Anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat dan resep sambal brambang asem yang lezat:

Resep Sambal Brambang Asem

Bahan:

  • 8 cabai rawit
  • 6 cabai keriting
  • 8 siung bawang merah
  • 2 sendok teh air asam jawa
  • 2 keping gula merah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air panas secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih cabai dan bawang merah dengan air mengalir, lalu tiriskan. Potong batangnya terlebih dahulu, kemudian sisihkan. Iris cabai setelahnya agar lebih mudah dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.
  2. Siapkan cobek, masukkan cabai, bawang merah yang sudah dikupas, air asam jawa, gula merah, gula, dan garam. Ulek semua bahan sambal hingga benar-benar halus. Pastikan kekentalannya disesuaikan dengan selera Anda.
  3. Jika terlalu kental, tambahkan air dan aduk hingga merata. Sebelum disajikan, cicipi sambalnya untuk memastikan tingkat keasaman dan pedasnya sesuai selera. Sajikan bersama nasi hangat dan lauk goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: