Belasan Warga Terjangkit Malaria, Desa Ketanda, Banyumas Bakal Terima 500 Kelambu

Belasan Warga Terjangkit Malaria, Desa Ketanda, Banyumas Bakal Terima 500 Kelambu

Waspada malaria, warga Desa Ketanda, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, bakal diberi kelambu.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Pemerintah Desa Ketanda, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten BANYUMAS akhir pekan ini mempersiapkan rancangan kegiatan penyerahan bantuan Kelambu kepada warga di lingkungan yang terdampak Malaria.

Kepala Desa Ketanda, Sutarno mengatakan, informasinya dari pemerintah daerah bakal ada serah terima bantuan Kelambu bagi warga di lingkungan yang terdampak Malaria. Untuk jadwal kegiatan, direncanakan pada Senin (27/11/2023).

"Jumlah bantuan sekitar 500 kelambu," katanya.

Sutarno menjelaskan, untuk bantuan Kelambu difokuskan kepada warga wilayah RW I. Disinggung terkait sasaran penerima bantuan tersebut, bukan hal yang mudah bagi desa dalam mendistribusikan bantuan tersebut sampai terserap habis. Meski ketempatan untuk mendapatkan bantuan, harapannya acara tidak diawali dengan munculnya kasus Malaria di desanya.

BACA JUGA:Kasus Malaria di Desa Ketanda, Banyumas Tergolong Ringan

BACA JUGA:Kasus Malaria di Desa Ketanda Belum Ditetapkan Kejadian Luar Biasa di Banyumas

"Harapan kami tidak pernah ada lagi kasus Malaria di Ketanda," doanya.

Dilanjutkan, Pemerintah Desa Ketanda dari sejak lama sudah memiliki Peraturan Desa (Perdes) tentang Penyakit Malaria. Pernah terjadi di tahun 2001, 2011 dan terulang kembali terjadi tahun ini, untuk Perdes tersebut masih terus dicari untuk dokumen fisiknya.

"Perdes tersebut sebagai dasar dalam menghimbau warga kami yang baru kembali atau pendatang dari daerah-daerah endemik Malaria sesampainya di Ketanda untuk terlebih mengecek kesehatannya," pungkas Sutarno.

Subkoordinator Sarana Prasarana dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan Banyumas, Sukamto, SKM membenarkan informasi adanya bantuan kelambu bagi warga Desa Ketanda. Hanya untuk bantuan tersebut yang mengelola dari Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

"Bukan dikelola Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK)," jawabnya.

Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Banyumas, Arif Burhanudin, SKM MPH menjelaskan untuk bantuan kelambu bagi warga Desa Ketanda rencananya pada Senin (27/11/2023) sore diberikan. Pihaknya menyiapkan sebanyak 500 buah kelambu dengan realisasi tergantung sasaran riil di Desa Ketanda.

"Jumlah akhir menunggu informasi dari desa," terang dia. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: