Ular Cincin Emas Masuk Kamar Warga Sidaurip, Damkar Kroya Lakukan Evakuasi

Ular Cincin Emas Masuk Kamar Warga Sidaurip, Damkar Kroya Lakukan Evakuasi

Petugas Damkar Kroya sesaat setelah berhasil mengevakuasi ular cincin emas yang masuk ke kamar warga Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, Kamis (23/11/2023).-UPT Damkar untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Keberadaan hewan liar kembali dilaporkan oleh masyarakat CILACAP. Kali ini laporan dari Sunarti (45), warga Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, Kabupaten CILACAP, yang mendapati ular berbisa rendah jenis cincin emas masuk ke dalam kamar rumahnya.

Karena panik dan khawatir, Sunarti segera melapor ke Petugas Damkar Kroya untuk melakukan proses evakuasi ular yang dalam bahasa Jawa biasa disebut ular weling.

"Ketika mendapatkan laporan, Pos Damkar Kroya segera mengirimkan 3 orang petugas dengan APD lengkap. Quick respon kami dari pelaporan selama 10 menit," Kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Jumat (24/11/2023).

Sebelum penanganan, pPetugas melakukan identifikasi serta pengamatan terlebih dahulu dan mendapati seekor ular sedang bersembunyi dibawah ranjang tempat tidur pada sebuah kamar.

BACA JUGA:Muncul Nama Kasatpol PP dan Asisten 2 Sebagai Kandidat Pelaksana Tugas Sekda Cilacap

BACA JUGA:Damkar Cilacap Evakuasi Ular Cincin Emas yang Bersembunyi di Kandang Ayam di Desa Pucung, Cilacap

"Dengan perhitungan yang matang, tak kurang dari 5 menit seekor ular cincin emas sepanjang 1,5 meter berhasil dievakuasi petugas dari dalam kamar," lanjutnya.

Selanjutnya, sebagai prosedur tetap petugas Damkar sosialisasikan Aplikasi Satkartaru SIAP berikut cara penggunaannya serta membagikan nomor Pos Damkar 

"Selain itu, kita berikan imbauan kepada masyakat, agar melapor kepada petugas Damkar jika mendapati hewan liar yang membutuhkan penanganan. Saat ini petugas Damkar dibekali dengan kemampuan penanganan serta evakuasi hewan liar maupun peliharaan," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: