Pertanian di Purbalingga Mulai Manfaatkan Drone Canggih

Pertanian di Purbalingga Mulai Manfaatkan Drone Canggih

Uji coba : Drone saat digunakan untuk penyemprotan pupuk dari udara.-Amarullah Nurcahyo/RADARMAS -

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Para petani di beberapa desa wilayah Kecamatan Kalimanah, per 23 November 2023 mulai menggunakan uji coba drone Canggih. drone dengan bentang hampir 3 meter ini digunakan untuk berbagai hal di sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam saat uji coba di Lahan sawah Desa Karangsari Kecamatan Kalimanah mengatakan, drone Canggih itu merupakan program kerjasama antara Pemkab dengan Bank Indonesia.

"Drone mampu membantu 18 hektar sawah saat penyemprotan hama maupun pupuk. Sebanyak 18 hektar sawah itu mampu diselesaikan selama 1 jam," katanya, Kamis 23 November 2023 

Dilengkapi tangki penyemprot, drone ini membawa kapasitas 30 liter bahan yang aman disemprotkan ke tanaman pagi. "Ini sangat bermanfaat terutama soal regenerasi petani. Ini akan membantu regenerasi, optimalisasi panen dan kemudahan lainnya," tambahnya.

BACA JUGA:Musim Kemarau, Produksi Padi Petani di Purbalingga Turun

BACA JUGA:Bupati Purbalingga Minta Petani Terapkan Pertanian Cerdas Iklim

Jelajah lahan mampu lebih dari 5.000 meterpersegi. Ditambah ada operator yang handal dan akan segera dilatih.Lebih lanjut dikatakan kan, drone itu nantinya bisa dimanfakan untuk pemetaan wilayah pertanian, data lahan dan bahkan jenis tanah yang cocok bisa terintegrasi.

"Adanya drone akan membantu petani dalam biaya tukang manual. Sehingga petani yang sudah tua bisa lebih ringan pekerjaan penyemprotannya," katanya.

Ia yakin, pekerjaan para petani lebih efisien biaya dan meningkatkan kapasitas produksi.  Drone juga dilengkapi beberapa kamera dan GPS untuk memetakan area yang akan dijangkau. 

"Saya berharap dengan perkembangan teknologi para petani muda semakin tertarik dengan dunia pertanian," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: