Penyebab Kecelakaan Pesawat, Banyak Faktor dan Kompleks!

Penyebab Kecelakaan Pesawat, Banyak Faktor dan Kompleks!

Penyebab Kecelakaan Pesawat-Daily Sabah-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pesawat merupakan salah satu moda transportasi yang paling aman, namun ketika terjadi kecelakaan, konsekuensinya bisa sangat serius. Karena itulah penyebab kecelakaan pesawat menarik diulas.

Terbaru, dua pesawat Super Tucano TNI Au jatuh di Pasuruan saat sedang latihan rutin. Keduanya mengalami kecelakaan di sekitar Kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru.

Lantas, apa saja penyebab kecelakaan pesawat? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Mudah dan Nyaman, Inilah 5 Tips Naik Pesawat Bersama Balita yang Perlu Diketahui!

BACA JUGA:Ujung Area Landasan Pesawat Bandara Tunggul Wulung Cilacap Terbakar

Penyebab Kecelakaan Pesawat

Ada banyak sekali penyebab kecelakaan pesawat. Kali ini Radarmas telah merangkai enam sebab yang paling sering dijumpai dan logis.

Salah satu penyebab kecelakaan pesawat adalah kondisi cuaca yang buruk. Cuaca ekstrem, seperti badai petir, angin kencang, atau kabut tebal, dapat menjadi tantangan besar bagi pilot. 

Penglihatan yang terbatas atau gangguan navigasi akibat cuaca buruk dapat menyebabkan keputusan yang salah dan mengakibatkan kecelakaan. 

Perkembangan teknologi dan sistem prediksi cuaca telah membantu mengurangi risiko ini, namun cuaca tetap menjadi faktor penting yang harus diatasi.

BACA JUGA:Bandara JBS Purbalingga Tetap Gunakan Pesawat ATR Jelang Feeder Umrah

BACA JUGA:Berencana Mudik Tahun Ini? Ini Dia Peraturan Mudik Dengan Pesawat Terbaru 2023

  • Kesalahan Manusia

Kesalahan manusia, termasuk kesalahan pilot atau kesalahan kontrol lalu lintas udara, merupakan penyebab kecelakaan pesawat. Keputusan yang salah, kesalahan navigasi, atau ketidakmampuan untuk mengelola situasi darurat dapat memiliki konsekuensi fatal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: