Dalam Satu Malam, Damkar Cilacap Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa Afinis

Dalam Satu Malam, Damkar Cilacap Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa Afinis

Petugas Damkar Cilacap dengan APD lengkap saat mengevakuasi sarang tawon vespa afinis pada rumah warga, Kamis (16/11/2023).-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Petugas Pos Damkar wilayah Kota CILACAP dalam satu malam kembali mendapatkan 2 laporan mengenai keberadaan sarang tawon vespa afinis, yang dikenal berbahaya dan kerap menyerang manusia.

Laporan pertama datang dari Fajar (60), seorang pensiuan ASN warga Perumahan Kalidonan Kelurahan Kebonmanis Kecamata Cilacap Utara. Tawon Vespa Afinis bersarang di atas genteng rumahnya.

"Sarang tawon berukuran 20 x 50 Cm bersarang tepat di atas genteng rumah pelapor, butuh waktu sekitar 10 menit hingga sarang berhasil diamankan," kata Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi Jumat (17/11/2023).

Kemudian laporan kedua dari Wiwik Widajati (40), warga Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan yang mendapati sarang tawon afinis bersarang pada sebuah pohon pada pekarangan rumahnya.

BACA JUGA:Progres Pembangunan Eks Pasar Kroya, Cilacap Masuki Tahap Pengumuman Amdal

BACA JUGA:Ratusan Massa Buruh di Cilacap Turun ke Jalan, Tuntut Kenaikan Upah 15 Persen

"Pelapor khawatir tawon tersebut dapat menyerang anak-anak serta warga, sehingga yang bersangkutan melapor ke petugas Damkar Cilacap," lanjutnya.

Supriyadi menegaskan, saat ini masyarakat dapat meminta pertolongan kepada petugas Damkar, selain dibekali dengan teknik pemadaman api, petugas Damkar juga dibekali teknik untuk penyelamatan hewan liar dan lain-lain.

"Laporkan ke kami. Jangan asal melakukan penanganan mandiri, karena sangat berbahaya jika tidak mengetahui teknik penanganan," pungkasnya.

Sebagai prosedur, tetap disosialisasikan nomor Pos Damkar serta aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaannya kepada masyarakat. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: