PT PLN Indonesia Power Jawa Tengah 2 Adipala PGU, Launching 4 Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Adiraja

PT PLN Indonesia Power Jawa Tengah 2 Adipala PGU, Launching 4 Program Pemberdayaan Masyarakat di Desa Adiraja

Foto bersama penerima manfaat program CSR PT PLN Indonesia power-PT PLN Indonesia Power untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.IDPT PLN Indonesia Power Jawa Tengah 2 Adipala PGU meluncurkan empat program CSR sekaligus di Desa Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (9/11/2023). Kegiatan launching ini sebagai realisasi program CSR PLN Indonesia Power Adipala PGU yang semakin meluas dengan penerima manfaat yang semakin bertambah.

Empat program tersebut mencakup Pelatihan Tas Kerajinan Anyaman, Pelatihan Komputer Dasar Perkantoran, Pelatihan Membatik, dan Adiraja Subur (Perbaikan Sarpras Green House Melon). Program pemberdayaan tersebut bertujuan membantu masyarakat Desa Adiraja mengembangkan keterampilan dan infrastruktur yang dapat memberdayakan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Kesejahteraan Kecamatan Adipala Nistoto, Kepala Desa Adiraja Sugiartono, LSM mitra perusahaan, dan Tim CSR PLN Indonesia Power Adipala PGU.

Kepala Desa Adiraja, Sugiartono, menyambut baik peluncuran program ini dan berharap program tersebut dapat berkelanjutan dalam mendukung pemberdayaan masyarakat desa.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN Indonesia Power Jawa Adipala PGU yang telah mendukung kemajuan Desa Adiraja. Program CSR perberdayaan tersebut adalah yang pertama kalinya diberikan untuk Desa Adiraja. Semoga program ini tidak hanya memberikan manfaat saat ini, tetapi juga tercipta keberlanjutan bagi masyarakat kami," kata Sugiartono.

Perwakilan Manajemen PLN Indonesia Power Jawatengah 2 Adipala PGU dalam hal ini diwakilkan oleh Galih Eka Purnomo, menekankan pentingnya program ini dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

"Program pemberdayaan Adiraja Berdaya ini merupakan upaya perluasan pemanfaatan CSR PLN Indonesia Power Adipala PGU bagi masyarakat. Adapun kami bersinergi dan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Adipala untuk menentukan desa Ring 2 yang dipilih sebagai penerima manfaat. Dari koordinasi yang telah dilakukan tersebut, dipilihlah Desa Adiraja sebagai penerima manfaat pertama di Ring 2 PLTU Adipala. Harapannya dengan dimulainya program pemberdayaan di Desa Adiraja ini, dapat menggali potensi-potensi yang ada di Desa Adiraja untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Kami mengibaratkan yang kami berikan ini sebuah kail. Jika kami memberikan ikan, setelah dimakan ikan itu akan habis bapak ibu, tetapi jika kami memberikan kail, kami melatih bagaimana memaksimalkan kail itu, maka ikan yang bapak ibu dapatkan bisa lebih banyak dan bisa dimakan berulang-ulang. Sama dengan program pemberdayaan ini, kami memberikan pelatihan, pendampingan, dengan harapan dari ilmu dan keahlian yang didapatkan oleh bapak ibu nanti akan memberikan nilai ekonomi yang berkelanjutan." ujar Galih Eka.

Acara inti launching program CSR Desa Adiraja dengan tema besar “Adiraja Berdaya” dilakukan dengan menyerahkan secara simbolis masing-masing program dari PLN Indonesia Power Jawa Adipala PGU kepada Kepala Desa Adiraja yang didampingi oleh LSM, Pemerintah Kecamatan, dan masyarakat penerima manfaat.

Program pemberdayaan tersebut menjadi tonggak bersejarah bagi Desa Adiraja, dimana PLN Indonesia Power Jawa Adipala PGU menciptakan peluang baru dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, membawa keberlanjutan bagi Desa Adiraja dan membantu masyarakatnya untuk menjadi lebih mandiri, kreatif, dan berdaya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: