Pecel Semanggi, Kuliner Legendaris Surabaya yang Menyehatkan!

Pecel Semanggi, Kuliner Legendaris Surabaya yang Menyehatkan!

Pecel Semanggi-Putera Mentari-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Surabaya sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur tentu memiliki berbagai kekayaan wisata, budaya dan kulinernya. Tak terkecuali pecel semanggi yang kini sudah jadi kuliner legendaris kota pahlawan.

Pecel pada umumnya menggunakan sayuran yang familiar seperti kol, mentimun, kacang panjang, dan lainnya. Menariknya, Surabaya justru menggunakan daun semanggi.

Usut punya usut, ternyata semanggi memiliki berbagai khasiat yang dapat menyehatkan tubuh. Berikut informasi lengkap mengenai pecel semanggi yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Kuliner Ayam Bakar Pedas Artomoro untuk Kalian yang Berani Pedas

BACA JUGA:Ayam Goreng Bugisan, Kuliner Yogyakarta Tanpa MSG

Pecel Semanggi

Sebelum jauh lebih meluas, tentu kita harus tahu terlebih dahulu sejarah pecel semanggi. Pecel semanggi lebih spesifik berasal dari desa Kendung, Benowo, Surabaya Barat.

Pada mulanya penduduk di desa Kendung memanfaatkan tanaman di sekitar rumahnya yang begitu banyak tumbuh yakni tanaman semanggi yang kemudian dibuat menjadi bahan utama pecel.

Oleh penduduk desa tersebut, semanggi hanya dikukus lalu diberi siraman bumbu pecel dan dilengkapi kerupuk. Dari desa kecil yang berbatasan dengan Gresik inilah lahir kuliner legendaris Surabaya.

Mulanya penjual pecel semanggi menjajakan dagangannya dengan keliling dari kampung ke kampung dengan pakaian khas dengan kebaya dan jarit. Namun saat ini banyak sekali penjual pecel semanggi yang menempat di warung.

BACA JUGA:Cara Membuat Mie Koclok, Kuliner Cirebon yang Unik dan Lezat

BACA JUGA:Getuk Kethek, kuliner Tradisional Indonesia yang Lezat dan Unik

Sedangkan untuk di luar daerah desa Kendung, Benowo atau yang kerap disapa kampung Semanggi ini, kalian juga bisa menemukan pecel Semanggi di taman bungkul, taman prestasi, taman kenjeran, dan di beberapa kampung lama Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: