Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon Favorit Semua Kalangan

Nasi Lengko, Kuliner Khas Cirebon Favorit Semua Kalangan

Kuliner Khas Cirebon Nasi Lengko-Instagram @eldisoraya-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Indonesia adalah negara yang mempunyai beragam budaya kuliner yang kaya. Salah satu makanan pokok yang mendominasi piring masyarakat Indonesia adalah nasi. 

Nasi merupakan makanan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dan hampir semua daerah di Indonesia memiliki variasi hidangan nasi yang memiliki karakteristik dan cita rasa yang berbeda. Salah satu hidangan nasi yang sangat terkenal karena citarasanya yang lezat adalah nasi lengko

Nasi Lengko merupakan salah satu kuliner khas Cirebon, Jawa Barat, yang dikenal sebagai tanah para wali dan memiliki warisan budaya yang kaya. Nasi lengko telah lama menjadi makanan favorit di berbagai kalangan, baik lokal maupun wisatawan.

Nasi lengko, atau sering disebut sega lengko oleh masyarakat Cirebon, adalah hidangan yang menggabungkan nasi dengan berbagai sayuran segar dan lauk-pauk yang sehat. Komponen utama nasi lengko meliputi tahu goreng, tempe goreng, tauge, daun kucai, dan timun. Gabungan bahan-bahan ini menciptakan hidangan yang seimbang dan bergizi tinggi.

BACA JUGA:Resep Nasi Bogana khas Tegal

BACA JUGA:5 Kuliner Malam Solo Paling Terkenal, Rasanya Autentik!

Salah satu ciri dari kuliner khas Cirebon satu ini yang tak tergantikan adalah saus kacang yang digunakan sebagai bumbu pelengkap. Saus kacang ini memiliki cita rasa yang khas dan berpengaruh besar terhadap kelezatan nasi lengko. Ini adalah elemen rahasia yang membuat hidangan ini menjadi begitu istimewa.

Secara umum, nasi lengko memiliki rasa gurih dan manis yang sangat memikat. Meskipun demikian, untuk para pecinta pedas, Anda bisa menambahkan cabai sesuai selera Anda dan menciptakan rasa pedas yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, taburan bawang goreng di atas hidangan ini memberikan nuansa rasa yang semakin melengkapi cita rasa nasi lengko.

Nasi lengko bukan hanya kuliner khas Cirebon yang lezat, tetapi juga merupakan hidangan bergizi tinggi yang menyediakan protein, serat, serta vitamin dan mineral penting. Kombinasi antara nasi, tahu, tempe, dan sayuran membuatnya menjadi pilihan yang sehat dan seimbang.

Dalam beberapa tahun terakhir, kuliner khas Corebon yang satu ini telah menjadi favorit di berbagai daerah di Indonesia. Banyak restoran dan warung makan di luar Cirebon yang juga menyajikan hidangan ini. Kepopuleran nasi lengko dapat dilihat dari antusiasme masyarakat yang terus meningkat terhadap hidangan ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Hunting Kuliner Malam BSD Terbaik

BACA JUGA:Kuliner Khas Bandung yang Legendaris !

Berikut resep untuk membuat nasi lengko lezat khas Cirebon yang bisa Anda coba di rumah. 

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: