Soto Kudus, Kuliner Kudus Khas dan Populer yang Wajib Kamu Coba

Soto Kudus, Kuliner Kudus Khas dan Populer yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Khas Kudus yang Populer dan Wajib Kamu Coba Soto [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Kudus menjadi salah satu kota yang cukup dikenal di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Tengah. Salah satu kuliner kudus yang khas dan terkenal adalah Soto Kudus. Saking populernya, menu makanan ini bahkan bisa didapatkan di berbagai daerah lain di Indonesia.

Kota yang berada di Jawa Tengah ini memiliki daya tarik aneka makanan lezat, ada berbagai macam kuliner Kudus yang menggugah selera dan harus kamu coba ketika berkunung ke kota ini.

Soto kudus dalam penyajiannya memiliki tradisi sendiri yaitu dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Selain itu, Soto Kudus juga biasa dinikmati dengan siraman jeruk nipis, perkedel, sate hati, sate telur puyuh atau tempe goreng kering.

Selain gurih, kuahnya juga bercita rasa segar, kuliner Kudus yang satu ini dibuat dari daging kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu rempah hingga aromanya wangi dan matang yang dilengkapi dengan tauge, irisan kol, daun seledri, hingga taburan bawang goreng.

BACA JUGA:Botok Tawon, Kuliner Ekstrem Banyuwangi dari Sarang Lebah

BACA JUGA:Ayam Goreng Mbah Karto Solo, Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1960

Pada penyajiannya, kamu juga bisa request yang terpisah dari nasinya. Namun, soto kudus akan terasa lebih sedap jika dimakan langsung dengan nasi putih.

Keunikan yang dimiliki Soto Kudus adalah tidak memakai santan atau kunyit seperti kebanyakan jenis soto-soto lainnya di Indonesia, buat yang pernah makan pasti tahu ciri khas kuliner Kudus ini berkuah bening dan bahkan lebih bening dari soto lamongan.

Yang membedakan kuliner kudus ini dengan yang lainnya yaitu, soto ini memiliki kuah yang lebih gelap dan gurih manis. Berikut adalah resep dan cara membuat Soto Khas Kudus.

Bahan utama yang digunakan yaitu:

750 g daging kerbau

- 2 cm lengkuas

- 2 lembar daun salam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: