Tahap Awal Pembangunan Taman Dewi Ciptarasa di Jalan Bung Karno Purwokerto Diusulkan Rp 1 Miliar

Tahap Awal Pembangunan Taman Dewi Ciptarasa di Jalan Bung Karno Purwokerto Diusulkan Rp 1 Miliar

DESAIN TAMAN : Kabid RTH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Septian Muhranto, menunjukkan desain Taman Dewi Ciptarasa.-DLH UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jalan Bung Karno, bakal mempunyai ruang terbuka hijau (RTH) baru. Namanya Taman Dewi Ciptarasa (kebun bibit) yang lokasinya nanti berada di seberang Banyumas Street Food, tahun depan untuk tahap awal diusulkan Rp 1 miliar.

"DLH belum mempunyai kebun bibit yang representatif. Kami di Jalan Bung Karno punya kavling untuk dibangun RTH seluas 1,5 hektar akan kami bangun kebun bibit," kata Kabid RTH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Septian Muhranto.

Ia menuturkan, dengan luasan tersebut kebun bibit nantinya bisa menampung ribuan bibit dari berbagai jenis tanaman dan bunga.

"Kita bagi dua bibit, satunya untuk tanaman bunga dan peneduh," ujarnya.

BACA JUGA:Mengenal Taman Ismail Marzuki, Destinasi Wisata Seni Inspiratif Di Indonesia

BACA JUGA:Keindahan dan Wahana Wisata Taman Matahari, Puncak Bogor.

Pembangunan Taman Dewi Ciptarasa ia jelaskan, akan dibangun secara bertahap. Menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Kalau kebutuhan totalnya itu Rp 15 miliar. Tahun depan kita bangun diusulkan jalan setapak, pagar keliling, dan talud. Itu juga sebagian, dan di tahun depan sudah bisa difungsikan sebagai kebun bibit," ucapnya.

Menurutnya, pembangunan taman tersebut mesti segera dilaksanakan. Pihaknya khawatir jika tidak kunjung dilaksanakan, lokasi taman tersebut akan menjadi kawasan kumuh.

"Tahapan awal kita targetkan bisa difungsikan sebagai kebun bibit. Kita amankan aset pemda dulu," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: